IJM Turut Belasungkawa Atas Musibah Gempa Cianjur - Tinta Media

Sabtu, 26 November 2022

IJM Turut Belasungkawa Atas Musibah Gempa Cianjur

Tinta Media - Dr. Erwin Permana dari Indonesia Justice Monitor (IJM) menyatakan turut berbelasungkawa atas musibah gempa di Cianjur.
 
“Indonesia Justice Monitor (IJM) menyatakan turut berbelasungkawa dan keprihatinan yang amat dalam atas terjadinya musibah ini,” tuturnya dalam acara Aspirasi Rakyat: Gerak Cepat! Jangan 'Rem Blong' Atasi Musibah Cianjur, melalui kanal You Tube Indonesia Justice Monitor, Senin (21/11/2022).
 
Erwin melanjutkan, meski musibah ini akan menambah penderitaan bagi masyarakat khususnya rakyat miskin yang tinggal di daerah Cianjur tetapi hendaknya kita bisa menghadapi dengan penuh kesabaran dan rida dengan qada yang datang dari Allah Swt.
 
“Hanya dengan cara ini saja kita dapat menghadapi musibah ini dengan tenang sehingga tidak menimbulkan masalah baru,” tandasnya.  
 
Menurut Erwin, pelajaran yang bisa diambil adalah betapa pun manusia tetaplah makhluk yang lemah, karena itu tidak pada tempatnya bertindak durhaka kepada Allah Swt. Zat yang menciptakan alam semesta manusia dan kehidupan ini.
 
“Semakin banyak musibah mestinya semakin mendorong kita untuk semakin taat kepada-Nya dengan jalan melaksanakan syariah-Nya yakni meninggalkan semua yang dilarang-Nya dan menjalankan semua yang diwajibkan-Nya,”
 
 Penolakan terhadap syariat Allah, ujar Erwin, yaitu dengan tetap membiarkan kemaksiatan dalam berbagai aspek kehidupan semacam L68T, ekonomi ribawi, budaya pornografi, korupsi dan sebagainya adalah bukti nyata dari sikap durhaka yang dimaksud .
 
“Menyerukan kepada pemerintah untuk melakukan penanganan secepatnya menolong korban dan memberikan bantuan logistik yang diperlukan termasuk mengkaji secara menyeluruh konstruksi bangunan yang ada agar musibah serupa tidak memberikan dampak terlalu besar di masa yang akan datang,” serunya.
 
Erwin juga berharap kepada umat Islam untuk mengulurkan  bantuan apa saja yang bisa diberikan. “Islam menganjurkan kepada umatnya untuk peduli terhadap penderitaan saudaranya dan dilarang berpangku tangan,” tandasnya.
 
Ia berharap, musibah ini bisa menghapus dosa para korban, mengantarkan kepada derajat syahid untuk yang meninggal.
 
“Dan memberikan hikmah kepada kita semuanya untuk semakin tunduk dan taat kepada Allah Swt. Zat yang menciptakan alam semesta ini baik dalam kehidupan berbasis  keluarga maupun kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” pungkasnya.[] Irianti Aminatun
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :