Harga Pupuk Mahal dan Langka Akibat Sistem Tata Kelola Pertanian yang Buruk - Tinta Media

Rabu, 23 November 2022

Harga Pupuk Mahal dan Langka Akibat Sistem Tata Kelola Pertanian yang Buruk

Tinta Media - Muslimah Media Center (MMC) menilai persoalan mahalnya harga pupuk non subsidi dan terbatasnya ketersediaan (langkanya) pupuk subsidi hanya masalah cabang dari tata kelola pertanian yang buruk. 

"Persoalan pupuk sejatinya hanya persoalan cabang yang berakar pada sistem tata kelola pertanian yang buruk yaitu kapitalisme neoliberal," tutur narator dalam Serba-serbi MMC: Tata Kelola Pupuk dalam Kapitalisme Mampukah Wujudkan Ketahanan Pangan? Senin (21/11/2022) melalui kanal Youtube Muslimah Media Center.

Menurutnya, tata kelola kapitalisme neoliberal mengakibatkan minimnya kepemilikan lahan, keterbatasan modal, lemahnya penguasaan teknologi, hingga lemahnya posisi tawar dalam penjualan hasil panen. "Sistem ini telah meminggirkan peran negara hanya sebagai regulator sementara operator diserahkan kepada korporasi," ujarnya.

Bahkan bobroknya sistem ekonomi kapitalisme yang mengizinkan kebebasan secara mutlak, kata narator, menciptakan kapitalisasi korporasi pangan yang terus menggurita. "Sistem tata kelola inilah yang menyebabkan ketimpangan kepemilikan aset, penguasaan rantai produksi distribusi pangan, hingga kendali harga pangan oleh korporasi raksasa," bebernya. 

"Sementara pemerintah ibarat wasit yang juga cenderung berpihak pada korporasi," tegasnya. 

Sebagai contoh, ujar narator, akses terhadap sarana produksi pertanian atau saprotan yang murah dan berkualitas masih menjadi angan-angan petani. "Hingga saat ini pengadaan benih pupuk pestisida dan sarana lainnya masih dalam dominasi korporasi," ungkapnya. 

Bahkan selain mahalnya mendapatkan benih berkualitas dan unggul, menurutnya, benih-benih introduksi korporasi juga berhasil menciptakan ketergantungan petani hingga menghilangkan benih-benih varietas lokal. "Paradigma dan konsep batilnya liberal kapitalisme sangat berbeda dengan Islam," tandasnya. 

Sistem Islam 

MMC menilai aturan Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah telah terjamin keshahihannya dan teruji kemampuannya untuk menyelesaikan problematik manusia selama kurang lebih 1300 tahun.

"Konsep pertanian Islam pun berhasil mewujudkan ketahanan pangan dan menyejahterakan rakyat termasuk petani di bawah institusi Islam Khilafah Islamiyah," tuturnya. 

Islam menetapkan bahwa pengaturan pertanian wajib berada dalam tanggung jawab negara atau Khilafah mulai dari hulu hingga Hilir sebab negara adalah roin dan junnah bagi rakyat. "Sebagaimana sabda Rasullullah shallallahu alaihi wasallam, Imam atau khalifah adalah roin atau pengurus rakyat dan dia bertanggung jawab terhadap rakyatnya. (HR Ahmad, Bukhari)," ungkapnya. 

Hadis tersebut, kata Narator, menunjukkan bahwa negara adalah penanggung jawab semua urusan rakyat dan tidak boleh dialihkan kepada pihak lain apalagi korporasi. "Negara diharamkan membisniskan pelayanannya kepada rakyat," tegasnya. 

Ia menilai, pertanian wajib dikelola berdasarkan prinsip syariat Islam. Pengaturan pertanian Islam ini akan mewujudkan dua hal sekaligus yaitu ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. "Dalam aspek produksi, Khilafah akan mengambil kebijakan, pertama, menjalankan hukum pertanahan Islam. Islam memandang asas dari pertanian adalah lahan. Ketika lahan dikelola dengan hukum yang shahih, maka semua problem seputar tanah akan terselesaikan. Islam menetapkan kepemilikan lahan pertanian sejalan dengan pengelolaannya. Bagi siapa saja yang mampu mengelolanya maka dia berhak memiliki lahan seluas apapun. Namun bagi yang tidak mampu, lemah dan malas memproduktifkannya maka hilanglah kepemilikannya," jelasnya. 


Menurutnya, hal ini terlihat pada tiga hukum terkait lahan yaitu hukum menghidupkan tanah mati, larangan menelantarkan lahan lebih dari tiga tahun dan larangan menyewakan lahan pertanian. "Hukum ini menjamin terdistribusinya lahan kepada orang yang mampu mengelolanya dan akan terhindar dari banyaknya lahan-lahan yang menganggur," urainya. 

Kedua, dukungan penuh terhadap upaya memaksimalkan pengelolaan lahan. "Karena lahan pertanian tidak boleh ditelantarkan maka Khilafah akan memberikan berbagai bantuan kepada petani seperti saprodi, infrastruktur penunjang, modal, teknologi dan sebagainya untuk memaksimalkan pengelolaan lahan," katanya. 

Ketiga, mendorong pelaksanaan riset untuk menghasilkan bibit unggul dan berbagai teknologi dan inovasi yang dibutuhkan petani. Semua riset yang dilakukan berada di bawah pengaturan khilafah dan anggarannya ditanggung Baitul Mal. "Produk yang dihasilkan akan ditujukan bagi kemaslahatan petani," tuturnya. 

Bahkan untuk petani yang tidak mampu, kata narator, bisa dibagikan secara gratis. "Alhasil produk pertanian dalam negeri akan mencukupi kebutuhan seluruh rakyat. Oleh karena itu ketahanan pangan hanya bisa terwujud jika pertanian dikelola dengan aturan Islam di bawah sistem politik Khilafah," pungkasnya.[] Evi 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :