Analis: Bangkitnya Taraf Berpikir, Itulah Kebangkitan Sejati - Tinta Media

Rabu, 23 November 2022

Analis: Bangkitnya Taraf Berpikir, Itulah Kebangkitan Sejati

Tinta Media - Terkait meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jawa Timur tahun 2022 yang berdasarkan itu lantas dijadikan penguat optimisme Jatim Bangkit, Analis Politik-Media dari Pusat Kajian dan Analisa Data (PKAD) Hanif Kristianto paparkan kebangkitan sebenarnya.

"Kebangkitan, sejatinya bagi manusia ialah bangkitnya taraf berpikir dari rendah ke tinggi," ujarnya kepada Tintamedia.web.id, Sabtu (19/11/2022).

Pasalnya, sambung Hanif, manusia memiliki kebutuhan dasar di antaranya sandang, pangan dan papan yang sejatinya harus ditanggung negara. "Termasuk pendidikan, keamanan, dan kesehatan yang bisa diakses gratis," tambahnya.

Tersiar kabar IPM di Provinsi Jatim tahun 2022 mengalami kenaikan hingga 0,61 poin (0,85 persen) menjadi sebesar 72,75 dari tahun sebelumnya.

Berbagai indikator pembentuk IPM dimaksud, baik indeks kesehatan, pendidikan, pengeluaran per kapita per tahun yang disesuaikan, umur harapkan hidup (UHH) bisa terbaca dari angka-angka yang disajikan oleh Badan Pusat Statistik Jawa Timur.

Lantaran itu, merespons data dimaksud, Gubernur Khofifah pun optimis Jatim bisa bangkit lebih kuat ke depan. 

"Alhamdulillah, meskipun pandemi covid-19 masih melanda, tapi meningkatnya IPM Jatim ini menjadi penguat Optimisme Jatim Bangkit. Optimisme ini menjadi kekuatan dan semangat kita semua insya Allah kita bisa bangkit lebih kuat lagi ke depan," katanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (18/11/2022).

Namun terlepas itu, Hanif menekankan kembali bahwa kebangkitan hakiki bisa tercapai tatkala manusianya dididik dengan tsaqafah Islam yang notabene solusi untuk seluruh aspek kehidupan. "Di Jawa Timur akan muncul kebangkitan hakiki jika manusianya dididik dengan tsaqafah Islam yang menjadi solusi bagi kehidupan," tandasnya.

Lebih jauh, dengan bermodal tsaqafah dimaksud, manusia bisa mengetahui siapa _Rabbnya_ serta aturan mana yang semestinya diterapkan dalam kehidupan, mulai individu, keluarga, masyarakat hingga bernegara.

Makanya ia mendorong, bahwa dengan kebangkitan hakiki tersebut umat termasuk para penguasa menjadi lebih taat kepada syariat Allah SWT. "Untuk penguasa yang di pundak ada amanah, tunaikan kewajibanmu dan layani rakyatmu," pungkasnya mengimbau. [] Zainul Krian
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :