YANG MENDOMINASI HATI - Tinta Media

Rabu, 12 Oktober 2022

YANG MENDOMINASI HATI

Tinta Media - Jika kalbu (hati) seorang hamba didominasi oleh kepentingan akhirat maka seluruh kepentingan dunianya (harta, jabatan, kekuasaan, dll) akan ia "wakaf"-kan di jalan Allah SWT demi sesuatu yang abadi di akhirat, yakni meraih surga-Nya.

Sebaliknya, jika kalbu (hati) seorang hamba didominasi oleh kepentingan dunia (harta, jabatan, kekuasaan, dll), maka akhirat (surga)-nya akan ia gadaikan untuk meraih apa saja yang menjadi ambisi dunianya itu. Ia akan "menjual" agamanya. Tak peduli halal-haram. Tak peduli surga atau neraka. Yang penting dunia (harta, jabatan, kekuasaan,dll) selalu ada dalam genggaman. Ia lupa bahwa semua itu pasti akan dia tanggalkan dan tinggalkan. Saat itulah yang akan ia rasakan adalah penyesalan.

Karena itu tepat apa dinyatakan oleh Abu al-Hakam rahimahulLaah:

الدنيا والآخرة يجتمعات في قلب العبد، فأيهما غلب، كان الآخر تبعاً له.

Dunia dan akhirat akan selalu berkumpul pada kalbu (hati) seorang hamba. Mana saja di antara keduanya yang dominan (mendominasi kalbu [hati]-nya) maka yang lain akan menjadi pengekor (pengikut)-nya.(Abu Nu'aim Al-Asbahani, Hilyah al-Awliyaa', 8/ 313).

Semoga kepentingan (menyiapkan bekal) akhirat selalu mendominasi kalbu (hati) kita. Dengan itu seluruh kepentingan dunia kita (harta, jabatan, kekuasaan dll), kita "wakaf"-kan untuk dapat meraih surga-Nya di akhirat. Aamiin.

Wa maa tawfiiqii illaa bilLaah, 'alayhi tawakkaltu wa ilayhi uniib.[]

Oleh: Al-Faqir Arief B. Iskandar
Khadim Ma'had Wakaf Darun Nahdhah al-Islamiyah Bogor

[09102022]

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :