Partai Politik dalam Sistem Demokrasi Tidak akan Membawa Kebaikan bagi Umat - Tinta Media

Selasa, 04 Oktober 2022

Partai Politik dalam Sistem Demokrasi Tidak akan Membawa Kebaikan bagi Umat

Tinta Media - Menanggapi usulan pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri terkait kenaikan bantuan dana partai atau Parpol, Narator Muslimah Media Center (MMC) menyatakan bahwa partai politik dalam sistem demokrasi tidak akan membawa kebaikan bagi umat.

"Partai politik dalam sistem demokrasi tidak akan membawa kebaikan bagi umat," tuturnya dalam Serba Serbi MMC: Dana Parpol Naik Saat Rakyat Krisis, Tidak Adil Bagi Rakyat? Di Kanal YouTube Muslimah Media Center, Sabtu (1/10/2022).

"Sebab parpol-parpol yang berdiri di atas landasan demokrasi lebih bersifat pragmatis, bukan idealisme yang menjadi pertimbangan setiap kebijakannya," imbuhnya.

Menurutnya, realitas biaya politik yang mahal ini yang menjadikan partai-partai politik dalam sistem demokrasi menggunakan berbagai cara untuk mengumpulkan dana partai. Salah satunya dengan menuntut pemerintah untuk menaikkan bantuan dana parpol yang diatur dalam UU. Bantuan tersebut harus ditanggung oleh APBN, yang tak lain adalah uang rakyat. "Sayangnya, biaya politik ini tidak sebanding dengan hasil yang diraih yakni terpilihnya pemimpin yang berkualitas," ujarnya.

"Bahkan, kepala daerah yang merupakan kader partai yang terpilih hasil pilkada, banyak yang terjerat kasus korupsi. Belum lagi undang-undang yang mereka hasilkan saat menduduki kursi kekuasaan justru makin menyengsarakan rakyat," terangnya.
 
Ia melihat bahwa setiap keputusan politik yang dibuat lebih kepada manfaat yang bisa diambil partai.

Kriteria Parpol Islam

Kebangkitan umat Islam hari ini, mutlak membutuhkan sebuah partai politik Islam sejati yang benar-benar mampu mengantarkan umat meraih kemuliaan. Adanya partai politik yang shahih merupakan jaminan bagi penerapan aturan Islam kaffah di tengah-tengah umat.

"Penerapan aturan Islam inilah yang akan membawa kebaikan bagi kehidupan umat," bebernya.

Ia mengungkapkan bahwa untuk mencapai kebangkitan yang benar, partai politik Islam harus memenuhi beberapa kriteria, yakni menjadikan Islam semata sebagai ideologinya. Memiliki fikrah Islam, thariqah Islam, dan individu yang menginternalisasi fikrah dan thariqah Islam. Begitu pula ikatan yang mengikat keanggotaannya adalah akidah Islam. Kader-kader partai harus memiliki kematangan tsaqafah kepartaian.

"Dengan akidah dan tsaqafah Islam inilah, partai terjun di tengah umat, mendidik dan menyiapkan umat untuk siap berkorban dan siap diatur dalam kehidupan Islam," jelasnya.

Aktivitas Parpol Islam

Hal yang menonjol dalam aktivitas parpol Islam adalah melakukan dakwah, menyeru umat dan penguasa untuk bertahkim pada hukum Allah Subhanahu wa Ta'ala. Parpol Islam akan senantiasa mengontrol pemikiran dan perasaan masyarakat serta menghalangi kemerosotan pemikiran masyarakat.

"Parpol Islam akan senantiasa hadir dan melazimi kehidupan umat setiap saat, bukan hanya hadir di saat jelang pemilu, sekedar untuk mendulang suara umat demi sampainya pada pusaran kekuasaan," paparnya. 

Adapun rezim yang ditopang oleh kafir barat, lanjut narator, tidak akan segan memberangus parpol Islam ideologis. Bisa jadi mencabut izin berdirinya, memersekusi anggota partai atau menyerang ide yang diembannya. "Namun ini pun akan mampu dihadapi parpol Islam yang menyadari betul eksistensi dirinya di tengah umat semata memenuhi seruan Allah Subhanahu wa Ta'ala, bukan karena adanya lembar perizinan dari penguasa yang zalim," tukasnya.

"Bagi parpol Islam yang shahih. Di tengah ujian dan fitnah yang ada, cukuplah kemenangan yang dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai peneguhnya," tegasnya.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Akan senantiasa ada sekelompok orang diantara umatku yang menang di atas kebenaran. Tidaklah membahayakan mereka orang lain yang menyia-nyiakan mereka hingga datang ketetapan Allah sementara mereka senantiasa ada dalam keadaan demikian. Hadis riwayat Muslim," pungkasnya.[] Ajira
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :