Ngawur Mengatakan Khilafah Tidak Wajib Gegara Tidak Ada dalam Rukun Islam - Tinta Media

Kamis, 13 Oktober 2022

Ngawur Mengatakan Khilafah Tidak Wajib Gegara Tidak Ada dalam Rukun Islam

Tinta Media - “Betapa ngawurnya Muslim yang berani mengatakan bahwa khilafah tidak penting dan tidak wajib gegara tidak ada dalam rukun Islam,” tutur Abu Zaid dari Tabayyun  Center kepada Tinta Media Kamis (13/10/2022).
 
Ia lalu memaparkan hadis Rasulullah Saw. riwayat Imam Bukhari dan Muslim yang menjelaskan tentang  rukun Islam.
 
عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الَّرحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهِ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري و مسلم)
 
 Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhuma berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: “Islam dibangun atas lima pekara. Pertama  persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasul Allah, kedua  mendirikan shalat, ketiga mengeluarkan zakat, keempat  melaksanakan ibadah haji, dan kelima berpuasa Ramadhan
 
“Ini rukun Islam, namun bukan berarti yang tidak termasuk rukun Islam itu tidak penting atau tidak wajib. Bahkan masih sangat banyak perkara Islam yang tidak termasuk rukun Islam namun wajib dan penting, seperti jihad, ngurus jenazah, menuntut ilmu, berbakti kepada ibu bapak, termasuk perkara khilafah,” tegasnya.
 
Abu Zaid mempertanyakan, siapa muslim yang begitu jahilnya berani mengatakan bahwa menuntut ilmu, berbakti kepada orang tua, jihad, mengurus jenazah  tidak wajib hanya  karena tidak termasuk rukun Islam?
 
“Maka itu semua adalah sikap yang jahil dan ngawur jika berani mengatakan sesuatu tidak penting dan tidak wajib karena tak ada dalam rukun Islam.  Dan semua muslim pastinya faham hal ini,” pungkasnya. [] Irianti Aminatun.
 
 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :