Jenuh - Tinta Media

Senin, 17 Oktober 2022

Jenuh

Tinta Media - Ada kalanya kita mengalami titik jenuh. Tak tahu mau apa. Tapi ada rasa tak nyaman. Ada rasa enggan melakukan ini atau itu. 

Saat kita cek diri, tak ada masalah berarti. Istri baik baik saja. Anak anak ok. Ortu juga ok. Bisnis, kerja juga ok. Kesehatan ok juga. Bawaan nya males ngapa-ngapain. Mau ngaji males. Mau kontak enggan. Trus kenapa?

Mungkin kita jenuh. Ibarat air segelas sudah penuh dengan gula. Jadi ditambah gula lagi ga mau larut. Gula akan mengendap di dasar gelas. Trus apa yang harus kita lakukan?

1. Menambah air biar menjadi encer tidak jenuh lagi. Kan gelas sudah penuh? Ya perluas gelasnya dengan ember lah. Berarti menambah luas kehambaan kita kepada Allah SWT.

Perluas lagi keyakinan kita pada janji Allah. Perbesar lagi tawakal kita kepadaNya. Pertebal lagi harapan dan syukur kita kepadaNya. Semua ni'mat sudah Allah kasih. Keluarga, anak istri dan ortu sehat dan baik. Usaha dan kerja baik. Badan sehat. Berarti kita harus segera ngebut untuk taat. Allah sudah penuhi kita dengan ni'matNya hingga tak bertepi. Maka hilangkan Tukul amal dan segera laksanakan tugas tanpa mikir mikir lagi. Bahwa ni'mat Allah itu tak gratis. Akan diminta pertanggungjawaban.

2. Segera beramal jangan ditunda. Abaikan semua rasa jenuh, lelah, capek, enggan, malas, bosan, kurang semangat dll. Karena waktu kita terbatas. Abaikan semua bisikan syetan yang membuat kita panjang angan-angan.

3. Mungkin selama ini beban tugas dakwah kita kurang menantang dibanding kemampuan yang Allah berikan kepada kita. Artinya kita masih termasuk ga serius berdakwah. Hingga Allah timpakan kepada kita rasa jenuh dll. Maka ambillah beban dakwah yang sesuai kemampuan. Infak dakwah diperbaiki. Kontak ditingkatkan. Ngisi ngaji ditambah. Kalo perlu mengambil amanah yang khusus. 

Surat Ali ‘Imran Ayat 133 

۞ وَسَارِعُوٓا۟ إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا ٱلسَّمَٰوَٰتُ وَٱلْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa"

Intinya, senyampang masih sempat cepaaat. Jangan ditunda. Kalahkan jenuh dengan power penuh.
Selamat berjuang sobat. Yuk maju terus pantang mundur![]

Ustaz Abu Zaid 
Tabayyun Center 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :