Berjamaahlah Kalian! - Tinta Media

Rabu, 19 Oktober 2022

Berjamaahlah Kalian!

Tinta Media - Upaya istiqomah adalah dengan membersamai jamaah. Karena serigala hanya akan mudah memangsa domba yang sendirian. 

Apalagi dalam kehidupan sistem kufur jahiliyah ini maka kerusakan yang sistemik menimpa seluruh level masyarakat. Mulai dari para penguasa dan tokoh tokohnya hingga masyarakat kebanyakan. 

Sistem yang rusak akan otomatis menghasilkan manusia manusia rusak. Kecuali orang orang yang bertahan untuk tidak larut. Dalam hal ini dia berupaya mempertahankan identitas keislamannnya sekuat tenaga. Namun jika sendirian tentu akan sangat sulit. Karena terpaan panas sistem jahiliyah akan mudah membakarnya. 

Disinilah kita memerlukan jamaah. Memerlukan pelukan hangat 
Orang orang sholih. Membutuhkan tegur sapa manis dalam komunitas mereka. Karena itu maka kita mesti membersamai jamaah apapun kondisi kita. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ

“Karena itu berjama’ahlah kalian.” Dan rasa malas sesuai dengan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

“Karena sesungguhnya serigala hanya akan menerkam domba yang sendirian. (HR Abu Dawud dan An Nasai). 

Disamping karena kita wajib berjuang menegakkan Islam secara kaffah bersama jamaah. 

Surat Ali ‘Imran Ayat 104

 وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ 

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung"

Karena itu janganlah kita menjadikan diri kita santalan empuk serigala lapar dengan menyendiri di padang pembantaian jahiliyah ini. Ngaji yuk![]

Ustaz Abu Zaid 
Tabayyun Center 

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :