Ustaz Abu Zaid: Tak Cukup Belajar Aqidah dan Syariah Saja untuk Memperbaiki Umat Ini - Tinta Media

Jumat, 23 September 2022

Ustaz Abu Zaid: Tak Cukup Belajar Aqidah dan Syariah Saja untuk Memperbaiki Umat Ini

Tinta Media - Ustaz Abu Zaid dari Tabayyun Center  menegaskan bahwa metode penerapan aqidah dan syariah adalah khilafah sehingga tidak cukup belajar aqidah dan syariah saja.
 
“Apa yang sudah memperbaiki umat ini pada awalnya? Islam tentu saja. Islam yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw. dalam ajaran aqidah dan syariah Islam kafah serta dilaksanakan secara riil dalam bentuk negara khilafah. Jadi tidak cukup dengan aqidah thok. Tidak cukup dengan belajar syariah thok, tapi juga wajib  melaksanakan aqidah dan syariah itu secara kafah,” tuturnya kepada Tinta Media, Kamis (22/9/2022).
 
Kafahnya Islam, lanjut Abu Zaid, dilaksanakan pada masa Nabi Muhammad Saw. adalah pada tataran individu, masyarakat dan negara.
 
“Individu beragama Islam, hidup dalam masyarakat Islam dan negara Islam. Itulah sistem negara pada zaman Nabi.  Dan sejak  zaman sahabat yakni sejak khalifah Abu Bakar Shiddiq, sistem negara itu  menjadi sistem Khilafah,” terangnya.  
 
“Jadi yang telah memperbaiki umat ini pada awalnya adalah aqidah Islam yang direalisasikan dalam keataatan kepada syariah Islam kafah dalam sistem hidup negara Islam yakni khilafah,” tandasnya.
 
 Inilah pula, tegas Abu Zaid,  yang akan mampu memperbaiki umat Islam saat ini dari kerusakan sistemik.
 
Ia mengutip perkataan Imam Malik,

لن يصلح آخر هذه الأمة إلا بما صلح به أولها…

“Tidaklah akan baik generasi akhir umat ini kecuali dengan apa yang telah membuat baik generasi awalnya…,” pungkas Abu Zaid. [] Irianti Aminatun
 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :