Tips Cerdas Menggunakan Ruang Digital - Tinta Media

Kamis, 22 September 2022

Tips Cerdas Menggunakan Ruang Digital

Tinta Media - Mudir Ma'had Khodimus Sunnah  Ajengan Yuana Ryan Tresna (YRT) memberikan tips cerdas menggunakan  ruang digital.
 
"Pertama, interaksi di ruang digital harus terikat dengan hukum syariah, baik dalam posting, like, share maupun comment," bebernya di akun telegram pribadinya, Ahad (18/9/2022).
 
Menurutnya, tidak boleh ada dzu wajhain pada diri orang yang sama karena yang bertanggung jawab di hadapan Allah adalah pemilik akun bukan akunnya.
 
“Misal punya dua akun, satu akun menampilkan diri sebagai orang yang santun, dan satu akun lagi menampilkan diri yang penuh caci maki dan fitnah," ucap YRT menjelaskan dzu wajhain.
 
Misal lagi, sambungnya, ketika pada akun nama asli terlihat berwibawa, namun ketika pakai akun nama samaran, gemar godain para akhawat.
 
"Jadi bukan masalah dua akunnya. Tapi dua akun yang menampilkan dua wajah yg saling bertentangan dalam timbangan syara’," tandasnya.
 
Kedua, lanjut YRT, menggunakan ruang digital untuk mengamplifikasi (buzzing) kebaikan.
 
"Ketiga, selalu melakukan verifikasi (tabayyun) terhadap setiap berita yang diterima sebelum menyebarkannya kembali," ingatnya.
 
Keempat, sebutnya, boleh menggunakan ruang digital sebagai sarana dalam melakukan muamalah yang mubah. Dan Kelima, selalu berhati-hati dan tidak ceroboh dalam memberikan data personal dan organisasi yang dapat membahayakan diri dan kelompok.
 
“Keenam, diantara umat Islam harus ada yang mampu membuat sistem dengan keamanan di ruang digital yang paling tinggi tingkat sekuritasnya,” pungkasnya.[] Irianti Aminatun
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :