MMC: Mengembangkan Teknologi Berlandaskan Iman, Bermanfaat bagi Umat - Tinta Media

Jumat, 16 September 2022

MMC: Mengembangkan Teknologi Berlandaskan Iman, Bermanfaat bagi Umat

Tinta Media - Muslimah Media Center (MMC) menyatakan bahwa mengembangkan teknologi dengan landasan iman akan bermanfaat bagi umat.

"Mengembangkan teknologi dengan landasan iman dan untuk bermanfaat bagi seluruh umat," tutur narator dalam History Insight: Keberhasilan Islam Dalam Menghadapi Krisis Energi Dunia di kanal YouTube Muslimah Media Center, Ahad (11/9/2022).

"Hanya dengan itu, keterbatasan energi benar-benar justru mendatangkan keberkahan," imbuhnya.

Menurutnya, umat muslim bukanlah pengguna energi air yang pertama, tetapi memberikan kontribusi yang luar biasa bagi penemuan mesin-mesin energi yang lebih efisien. "Dan meski umat Islam bukan penikmat revolusi industri, mereka telah memberikan kontribusi yang besar pada dunia pertambangan sehingga membuka jalan untuk eksploitasi dan pengelolaan energi fosil," bebernya.

"Banu Musa bersaudara pada abad ke 9 Masehi dan Al Jazari pada abad ke 12 Masehi adalah orang-orang yang mewariskan mesin-mesin yang sangat inovatif, baik dalam penggunaan energi air maupun untuk pertambangan," tukasnya.

Ia menjelaskan bahwa penambangan-penambangan yang dikelola oleh khilafah, sudah digunakan ventilator karya Banu Musa dan pompa air karya Taqiyuddin. 

"Tanpa alat-alat pertambangan yang dikembangkan kaum muslimin saat itu, eksploitasi batubara dan minyak bumi saat ini tidak bisa dibayangkan," ungkapnya.

Demikianlah ketika penerapan Islam kaffah hadir ditengah kaum muslimin. Teknologi bagaimanapun hanyalah alat semata. "Tanpa terdapat tata energi dan sumber daya mineral yang adil. Teknologi hanya makin memperkaya mereka yang kuat dan bermodal," tandasnya.[] Ajira
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :