Optimis, Menatap Masa Depan dengan Senyum - Tinta Media

Minggu, 14 Agustus 2022

Optimis, Menatap Masa Depan dengan Senyum

Tinta Media - Senyum, amal ringan banyak manfaat. Bahkan jadi sedekah. Hebat kan? 

Senyum, ringan dilakukan tapi berat prosesnya. Proses dalam hati beres baru bisa muncul seulas. Hanya seulas.... tapi bisa bikin klepek klepek bahagia... Ya seulas senyuman. Maka jika hari ini kita masih bisa tersenyum, itu alhamdulillah. 

Masa depan milik Allah sepenuhnya. Tak ada kita yang tahu. Kita hanya mempersiapkan diri untuk pantas ada pada masa depan yang lebih baik. Itulah perjuangan yang mesti terus menerus semangat. Tak boleh kendor. Apalagi berhenti. Wajib maju terus. Insyaallah. 

Betapapun sulit hari ini. Perjuangan yang sangat melelahkan lahir batin. Namun kita harus tetap optimis. Mengapa? Karena janji Allah itu pasti. Janji Rasulullah itu benar. Kita hanya harus istiqomah berjalan menuju janji itu. 

Allah Ta’ala berfirman:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا، إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah : 5-6)

Setiap satu kesulitan ada dua kemudahan. Hanya saja kita wajib berupaya dengan ikhlas dan benar.

Memperbanyak doa dan husnudzan kepada Allah akan memberikan pilihan terbaik sesuai dengan ilmu Allah meski terkadang tidak selaras dengan nafsu manusia.

Al-Hasan al-Basri mengatakan : “Sesungguhnya tawakal seorang hamba kepada rabbnya adalah ia meyakini bahwa Allah itu sumber kepercayaan dirinya.” (Al-Fawa’id, 149).

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكِ، وَ اسْتَعِنْ بِاللّٰهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Dan minta tolonglah kepada Allah. Dan jangan kau lemah.” (HR. Muslim).

Maju terus Sobat masa depan gemilang dengan ridho Allah menanti mu. Mana senyummu Sobat?[]

Abu Zaid
Tabayyun Center 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :