MMC: Aturan Islam Mampu Memelihara Jiwa dan Memberikan Keamanan bagi Rakyat - Tinta Media

Kamis, 18 Agustus 2022

MMC: Aturan Islam Mampu Memelihara Jiwa dan Memberikan Keamanan bagi Rakyat

Tinta Media - Narator Muslimah Media Center (MMC) menyatakan bahwa aturan Islam mampu memelihara jiwa dan memberikan keamanan bagi rakyat.

"Aturan Islam yang rinci ini mampu memelihara jiwa dan memberikan keamanan bagi rakyatnya sehingga dijauhkan dari sifat aniaya," tuturnya dalam Sumbangan Peradaban Islam: Diyat Dua Buah Bibir Dalam Islam, Senin (15/8/2022) di kanal YouTube Muslimah Media Center.

Menurut Narator MMC, syariat mengatur sempurna penjagaan dan pemeliharaan nyawa juga kesehatan tubuh. Begitu juga, mengharamkan apa-apa yang mendatangkan mudharat bagi tubuh orang lain. "Termasuk hilangnya fungsi bibir dan sebagainya," ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa bibir adalah bagian tubuh yang terlihat di mulut manusia. Memiliki peran yang tidak kalah penting dalam membantu kehidupan manusia. "Berfungsi sebagai pembukaan untuk asupan makanan. Dalam artikulasi suara dan bicara serta berperan untuk mendukung ekspresi wajah," paparnya.

Jika dua buah bibir dipotong atau hilang atau terjadi pelumpuhan maka dalam hal ini harus dikenakan Diyat. "Diyat adalah sejumlah harta yang dibebankan kepada pelaku karena terjadinya tindak pidana berupa pembunuhan atau penganiyaan dan diberikan kepada korban atau walinya," jelasnya. 

Inilah salah satu hikmah syariat terkait ukur dalam Islam. Penerapan syariat bertujuan untuk menjaga nyawa atau hipnotis. "Termasuk menjaga organ tubuh manusia seperti dua bibir tersebut," tandasnya.[] Ajira
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :