KH M. Shiddiq Al Jawi: Jilbab Berbeda dengan Kerudung - Tinta Media

Minggu, 21 Agustus 2022

KH M. Shiddiq Al Jawi: Jilbab Berbeda dengan Kerudung

Tinta Media - Founder Institut Muamalah Indonesia KH. M. Shiddiq Al-Jawi, M.Si menjelaskan bahwa jilbab itu berbeda dengan kerudung.

“Sebenarnya yang namanya jilbab itu berbeda dengan kerudung,” tuturnya dalam Kajian Fiqh: Jilbab dan Kerudung, Apa Bedanya? di kanal YouTube Khilafah Channel Reborn, Jumat (19/8/2022).

Kiai Shiddiq menjelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an istilah untuk kerudung itu adalah khimar. Dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 31 Allah memerintahkan wanita-wanita muslimah untuk mengenakan khumur. Dalam teks aslinya adalah khumur (kerudung-kerudung mereka). Khumur itu bentuk plural dari kata khimar. “Sedangkan khimar itu tunggal atau mufrod atau singular yang berarti kerudung dalam bahasa Indonesia,” jelasnya.
 
Menurutnya, ini berbeda dengan istilah jilbab yang ada dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: "Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Jadi jilbab itu maknanya bukan kerudung tetapi maknanya adalah busana yang longgar yang dipakai seorang perempuan muslimah yang menutupi seluruh tubuh dari atas sampai ke bawah satu potongan, yang dipakai di atas baju rumahnya.

“Jadi itulah pengertian jilbab yang sebenarnya di dalam Al-Qur’an,” paparnya.
 
Menurutnya, saat ini memang masyarakat di Indonesia secara umum mengartikan jilbab sebagai kerudung yang sebenarnya ini tidak tepat. Di dalam kitab tafsir Ibnu Katsir,  Imam Ibnu Katsir mengartikan al- khimar atau bentuk jamak dari khimar itu adalah khumur: 
Ma yaghaththa bihi arras’su yaitu “apa-apa yang digunakan untuk menutupi kepala” 

Ustaz Shiddiq menegaskan bahwa sebenarnya bukan jilbab sebagaimana istilah yang secara salah kaprah ini terjadi di masyarakat Indonesia. “Jadi kalau kerudung kita kembalikan kepada Al-Qur’an ya, istilahnya adalah khimar, yang ada di dalam Al-Qur’an adalah wanita-wanita muslimah itu menutupkan kerudung-kerudung mereka ke dada-dada mereka itu dalam surat An-Nur ayat 31. Kalau kata jilbab itu ada di dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59,” tegasnya 
Kiai juga menyampaikan kutipkan satu tafsir dari Imam Al-Qurthubi ketika beliau menafsirkan Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59 tersebut dalam kitab Tafsir Al-Qurthubi,  ke-14 halaman 107. Al tsaub alladzy yasturu jami’ al-badan “jilbab adalah baju yang menutupi seluruh tubuh.”

Imam Al-Qurthubi mengatakan, kata jalabib pada ayat itu adalah bentuk plural atau bentuk jamak dari jilbab yaitu baju yang lebih besar ukurannya daripada kerudung {akbar min al-khimar). Diriwayatkan bahwa Ibnu Abbas dan Ibnu Mas'ud berpendapat bahwa jilbab artinya sama dengan ar-rida’ (pakaian sejenis jubah atau gamis).

Ada yang berpendapat jilbab artinya adalah al-qina’, artinya kerudung kepala wanita atau ada yang mengartikan juga al-qina’ adalah cadar. 

Kiai Shiddiq menyampaikan memang ada khilafiyah, ada perbedaan di antara para ulama di dalam mengartikan jilbab. memang ada yang mengartikan jilbab itu diartikan sebagai kerudung, ada yang dalam bahasa Arab itu disebut kata disebut dengan kata al-qina’.

“Kemungkinan inilah yang menjadi dasar ya Kenapa di Indonesia itu kata jilbab pada ayat itu diartikan sebagai kerudung, ya karena memang ada sebagian ulama yang mengartikan jilbab itu adalah al-qina' Itu bisa diartikan kerudung, tapi bisa juga diartikan cadar,” tuturnya.

Menurut Kiai Shiddiq, pendapat yang shahih adalah kutipan dari Imam Al-Qurthubi. 
“Jadi apa itu jilbab adalah busana atau baju yang longgar yang dipakai oleh wanita di atas baju-bajunya, baju kerja atau baju rumahnya. Nah, itulah yang disebut dengan jilbab,” tandasnya.[] Raras
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :