IJM: Polisi Harusnya Bekerja Profesional, Bukan karena Tekanan Publik - Tinta Media

Rabu, 24 Agustus 2022

IJM: Polisi Harusnya Bekerja Profesional, Bukan karena Tekanan Publik

Tinta Media - Penanganan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J. tampak lambat dan berjalan setelah ada tekanan publik, ditanggapi oleh Ahli Hukum dari Indonesia Justice Monitor (IJM) Dr. Muh. Sjaiful, S.H., M.H.

“Seharusnya, pihak kepolisian itu bekerja secara profesional, bukan karena adanya tekanan publik. Hal ini yang menjadi persoalan. Bukan karena tekanan media, (baik) media masa atau media sosial,” tuturnya dalam Kabar Petang : Ada Kode Senyap Dibalik Kasus Brigadir J. pada Kamis (18/8/2022) di Kanal YouTube Khilafah News. 

Menurutnya, jika tidak ada tekanan publik, maka kasus pembunuhan tersebut akan tetap mengendap. “Kasus Brigadir Yosua Hutabarat ini, kalau bukan karena tekanan publik atau tekanan media masa, mungkin tidak akan ditangani secara serius dan akan dibiarkan mengendap terus,” ungkapnya. 

Bung Sjaiful, panggilan akrabnya, menyayangkan kinerja kepolisian yang demikian. Karena hal tersebut menandakan mereka tidak profesional. Selain itu, Bung Sjaiful mengatakan, berjalannya proses kasus tersebut menunjukan tekanan publik tidak boleh dipandang remeh. 

“Hal ini membuktikan bahwa begitu kuatnya tekanan publik, begitu kuatnya tekanan media masa, menyebabkan pihak kepolisian harus bekerja ekstra hati-hati terhadap berbagai kasus yang ditangani. Sekali lagi, ini menunjukan bahwa kekuatan tekanan publik dan kekuatan tekanan media masa tidak boleh dipandang remeh,” tegasnya. 

Jika meremehkan tekanan publik, maka kasus akan menjadi bulan-bulanan publik dan tekanan bisa membesar ke dunia internasional. “Kalau dipandang remah tekanan publik dan tekanan media masa, maka beginilah akibatnya, akan menjadi bulan-bulanan publik dan tentu akan menjadi konsumsi internasional. Kalau sudah menjadi konsumsi internadional, maka tekanan terhadap institusi Polri akan semakin membesar,” pungkasnya. [] Ikhty
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :