𝐓𝐈𝐃𝐀𝐊 𝐒𝐄𝐊𝐀𝐃𝐀𝐑 𝑩𝑬𝑨𝑼𝑻𝑰𝑭𝑼𝑳, 𝐉𝐔𝐃𝐔𝐋 𝐉𝐔𝐆𝐀 𝐇𝐀𝐑𝐔𝐒 𝑷𝑶𝑾𝑬𝑹𝑭𝑼𝑳𝑳(𝐓𝐞𝐤𝐧𝐢𝐤 𝐌𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬 𝑭𝒆𝒂𝒕𝒖𝒓𝒆 𝑵𝒆𝒘𝒔) - Tinta Media

Kamis, 11 Agustus 2022

𝐓𝐈𝐃𝐀𝐊 𝐒𝐄𝐊𝐀𝐃𝐀𝐑 𝑩𝑬𝑨𝑼𝑻𝑰𝑭𝑼𝑳, 𝐉𝐔𝐃𝐔𝐋 𝐉𝐔𝐆𝐀 𝐇𝐀𝐑𝐔𝐒 𝑷𝑶𝑾𝑬𝑹𝑭𝑼𝑳𝑳(𝐓𝐞𝐤𝐧𝐢𝐤 𝐌𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬 𝑭𝒆𝒂𝒕𝒖𝒓𝒆 𝑵𝒆𝒘𝒔)

Tinta Media - Judul sangat penting dalam semua jenis tulisan termasuk dalam penulisan karangan khas (𝑓𝑒𝑎𝑡𝑢𝑟𝑒 𝑛𝑒𝑤𝑠/FN). Saking pentingnya, judul itu diibaratkan dengan kepala. Diibaratkan dengan kepala khususnya wajah. Selain sebagai identitas tulisan, judul juga sebagai daya tarik awal untuk membuat mata pembaca berhenti pada judul tersebut untuk kemudian membaca paragraf pertama dan seterusnya. 

Makanya, judul yang dibuat itu harus 𝑏𝑒𝑎𝑢𝑡𝑖𝑓𝑢𝑙 (menarik). Selain mengandung kepentingan pembaca, sejumlah kata yang disusun juga diupayakan mengandung bunyi akhiran sama. Misal: 𝑇𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑆𝑒𝑘𝑎𝑑𝑎𝑟 𝐵𝑒𝑎𝑢𝑡𝑖(𝒇𝒖𝒍), 𝐽𝑢𝑑𝑢𝑙 𝐽𝑢𝑔𝑎 𝐻𝑎𝑟𝑢𝑠 𝑃𝑜𝑤𝑒𝑟(𝒇𝒖𝒍𝒍). Sama-sama berbunyi akhir 𝘂𝗹 bahkan 𝐟𝐮𝐥. Pembaca yang berkepentingan dalam membuat judul mestilah tertarik dengan judul seperti ini. Benar enggak?
.
Selain harus 𝑏𝑒𝑎𝑢𝑡𝑖𝑓𝑢𝑙, judul juga harus 𝑝𝑜𝑤𝑒𝑟𝑓𝑢𝑙𝑙 (kuat). Judul yang kuat itu judul yang dapat mencerminkan isi tulisan dalam beberapa kata saja. Semakin mewakili isi tulisan, maka semakin kuatlah judul. Semakin melenceng dari tulisan, maka akan semakin lemah dan berdampak pada kekecewaan pembaca.  
.
Agar tidak mengecewakan pembaca, judul haruslah sesuai dengan isi pesan yang disampaikan dalam tulisan. Oleh karena itu, ambillah judul dari benang merah tulisan atau diambil dari frasa yang terdapat dalam tulisan FN agar menjadi 𝑝𝑜𝑤𝑒𝑟𝑓𝑢𝑙𝑙. Bisa ditulis secara lugas, bisa pula puitis. Diupayakan pendek, meski panjang pun tak mengapa. Yang penting jadi 𝑏𝑒𝑎𝑢𝑡𝑖𝑓𝑢𝑙.  
.
Salah satu contoh judul FN yang memenuhi dua kriteria tersebut adalah 𝐽𝑎𝑛𝑗𝑖 𝐼𝑡𝑢 𝐷𝑖𝑘ℎ𝑖𝑎𝑛𝑎𝑡𝑖. Judul tersebut dicetuskan Redaksi Pelaksana Tabloid Media Umat Mujiyanto. Judul aslinya dari saya adalah 𝐷𝑒𝑘𝑟𝑖𝑡 𝑃𝑟𝑒𝑠𝑖𝑑𝑒𝑛 𝑀𝑒𝑛𝑔𝑘ℎ𝑖𝑎𝑛𝑎𝑡𝑖 𝑈𝑚𝑎𝑡 𝐼𝑠𝑙𝑎𝑚. Tentu saja saya langsung sepakat dengan judul 𝐽𝑎𝑛𝑗𝑖 𝐼𝑡𝑢 𝐷𝑖𝑘ℎ𝑖𝑎𝑛𝑎𝑡𝑖 karena tiga alasan. 
.
𝑷𝒆𝒓𝒕𝒂𝒎𝒂, judul yang saya buat dan editan dari Mas Muji, begitu sapaan akrab saya kepada senior dan guru saya ini, sama-sama mewakili frasa yang ingin menunjukkan kepada pembaca bahwa Pancasila bukanlah kesepakatan para pendiri bangsa Indonesia. 
.
Karena, sedari awal (Sidang BPUPKI) hingga Sidang Konstituante, 𝑓𝑜𝑢𝑛𝑑𝑖𝑛𝑔 𝑓𝑎𝑡ℎ𝑒𝑟 dari kalangan ulama dan aktivis Islam menginginkan Islam sebagai dasar negara. Namun atas pengkhianatan berkali-kali dari salah seorang pendiri bangsalah maka Islam tak jua jadi dasar negara.
.
𝑲𝒆𝒅𝒖𝒂, “Dekrit Presiden Mengkhianati Umat Islam” itu hanya mewakili salah satu adegan dalam FN tepatnya mewakili adegan 𝑒𝑛𝑑𝑖𝑛𝑔 (bagian akhir). Sedangkan “Janji Itu Dikhianati” bukan hanya mewakili 𝑒𝑛𝑑𝑖𝑛𝑔 tetapi juga mewakili batang tubuh tulisan (𝑏𝑜𝑑𝑦 𝑜𝑓 𝑤𝑟𝑖𝑡𝑖𝑛𝑔). 
.
Coba baca FN 𝐽𝑎𝑛𝑗𝑖 𝐼𝑡𝑢 𝐷𝑖𝑘ℎ𝑖𝑎𝑛𝑎𝑡𝑖 (silakan klik https://bit.ly/3tMuXMK), maka Anda akan menemukan pengkhianatan terhadap janji-janji yang telah diberikan tampak sebagai benang merah. Sehingga judul tersebut dapat dinilai lebih 𝑝𝑜𝑤𝑒𝑟𝑓𝑢𝑙𝑙.
.
𝑲𝒆𝒕𝒊𝒈𝒂, judulnya lebih singkat dan puitis sehingga lebih enak dibaca tanpa mengurangi makna. Sehingga judul tersebut dapat dinilai lebih 𝑏𝑒𝑎𝑢𝑡𝑖𝑓𝑢𝑙. 
.
Pembahasan lebih lanjut tentang judul, silakan baca 𝑇𝑖𝑝𝑠 𝑇𝑎𝑘𝑡𝑖𝑠 𝑀𝑒𝑛𝑢𝑙𝑖𝑠 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑆𝑎𝑛𝑔 𝐽𝑢𝑟𝑛𝑎𝑙𝑖𝑠 𝐽𝑖𝑙𝑖𝑑 𝐼: 𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘 𝑀𝑒𝑛𝑢𝑙𝑖𝑠 𝑂𝑝𝑖𝑛𝑖, 𝑏𝑎𝑏 𝑇𝑖𝑝𝑠 𝑀𝑒𝑚𝑏𝑢𝑎𝑡 𝐽𝑢𝑑𝑢𝑙 𝑂𝑝𝑖𝑛𝑖 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑀𝑒𝑛𝑎𝑟𝑖𝑘 atau klik https://bit.ly/3BqgtXP. Ya, meskipun judulnya seolah ditujukan hanya untuk menulis judul opini tetapi sebenarnya itu berlaku juga untuk FN karena kaidahnya sama saja dengan kaidah judul berbagai jenis tulisan jurnalistik lainnya termasuk FN.[]
.
.
Depok, 12 Muharam 1444 H | 9 Agustus 2022 M
.
Joko Prasetyo 
Jurnalis
.
.
______
.
Hitam putih adalah pembeda yang tegas antara hak dan batil. Hitamnya kehidupan jahiliah menjadi terang benderangnya kehidupan islami, ditandai dengan hijrahnya Rasulullah SAW, para shahabat dan kaum Muslim dari Mekah ke Madinah yang dimulai sejak bulan Muharam tahun pertama Hijriah, 1444 tahun yang lalu.
.
Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah, Pustaka Abdurrahman Auf mengadakan program promo buku halaman dalam hitam putih:
.
Tɪᴘs Tᴀᴋᴛɪs Mᴇɴᴜʟɪs ᴅᴀʀɪ Sᴀɴɢ Jᴜʀɴᴀʟɪs
𝐉𝐢𝐥𝐢𝐝 𝟏: 𝐓𝐞𝐤𝐧𝐢𝐤 𝐌𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬 𝐎𝐩𝐢𝐧𝐢
Karya: Joko Prasetyo
.
𝐒𝐩𝐞𝐬𝐢𝐟𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢 𝐛𝐮𝐤𝐮:
- ukuran A5
- cover artcarton 260 gram plus laminating doft
- isi HVS 70 gram
- jilid lem binding (softcover)
- jumlah halaman 104 bolak-balik
.
Harga Normal: Rp140.000,-
𝐇𝐚𝐫𝐠𝐚 𝐏𝐫𝐨𝐦𝐨 (𝟏 𝐀𝐠𝐮𝐬𝐭𝐮𝐬 - 𝟏𝟓 𝐀𝐠𝐮𝐬𝐭𝐮𝐬 𝟐𝟎𝟐𝟐): 𝐑𝐩𝟏𝟐𝟓.𝟎𝟎𝟎,-
Harga halaman dalam berwarna (𝑓𝑢𝑙𝑙 𝑐𝑜𝑙𝑜𝑢𝑟): Rp185.000,-
.
Harga belum termasuk ongkos kirim.
.
𝗣𝗲𝘀𝗮𝗻 𝘀𝗲𝗸𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴 𝗷𝘂𝗴𝗮 𝗱𝗶:
Pustaka Abdurrahman Auf
wa.me/6282112880274
Surel: pustakaabdurrahmanauf@gmail.com
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :