Ajengan Yuana: Keteladanan adalah Metode Pendidikan Paling Efektif untuk Anak Pra Baligh - Tinta Media

Minggu, 07 Agustus 2022

Ajengan Yuana: Keteladanan adalah Metode Pendidikan Paling Efektif untuk Anak Pra Baligh

Tinta Media - Mudir Ma’had Khadimus Sunnah, Ajengan Yuana Ryan Tresna (YRT) menegaskan bahwa keteladanan adalah metode pendidikan paling efektif untuk anak pra baligh.

“Metode pendidikan untuk anak usia pra baligh sebenarnya hanya ada satu metode yang paling efektif yaitu  teladan yang baik,” ungkapnya dalam pesan video, di akun telegram pribadinya, Kamis (4/8/2022).

Menurut YRT, perlu  diingatkan bahwa kedua orang tua harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak dengan memiliki sifat kasih sayang, kejujuran, amanah,  akhlak yang mulia dan sepenuh hati dalam mengurusi anaknya.

“Maka anak tanpa ia sadari akan menyerap semua akhlak dari keduanya. Melalui kedua ibu bapaknya anak akan mempelajari kejujuran, amanah, kesempurnaan dalam beramal,  dan rasa percaya diri,” imbuhnya.

Jadi, simpul YRT, ini yang membedakan antara pendidikan pra baligh  dengan pasca baligh. Kalau untuk pra baligh tentang keteladanan.

Jangan Dihentikan

Terkait dengan aktivitas anak yang ingin memuaskan rasa ingin tahunya, YRT menjelaskan, jangan sampai menghentikan aktivitas tersebut.

“Anak jangan sampai dihentikan dari semua aktivitas yang memuaskan rasa keingintahuannya kecuali dalam dua kondisi,” terangnya.

Pertama, lanjutnya,  jika si anak berusaha melakukan satu aktivitas yang berbahaya atau mengganggu dirinya sendiri atau orang lain. Kedua jika si anak berusaha merusak milik orang lain atau barang berharga.

“Pada kedua kondisi itu anak harus dihentikan seketika dan secara tegas,” pungkasnya. [] Irianti Aminatun
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :