Ustaz Su'ud: Tak Ada di Dalam Al-Qur’an, Bukan Berarti Khilafah Tidak Wajib - Tinta Media

Jumat, 29 Juli 2022

Ustaz Su'ud: Tak Ada di Dalam Al-Qur’an, Bukan Berarti Khilafah Tidak Wajib

Tinta Media - Meskipun kata khilafah dan perintah menegakkannya tidak ada di dalam Al-Qur'an, Pengasuh Majelis Taklim Bengkel Panahan Ustaz Su'ud menilai bukan berarti penegakan khilafah menjadi tidak wajib. 

"Memang benar, di dalam Al-Qur'an tidak ada kata khilafah, yang ada hanya khalifah. Namun bukan berarti khilafah tidak wajib," tuturnya pada [LIVE] Multaqo Ulama Aswaja Tapal Kuda: Khilafah di Mata Fuqoha, Negara Terkuat di Masa Depan, Kamis (21/07/2022) di kanal Youtube Bromo Bermartabat.

Menurutnya, jika hanya merujuk kepada Al-Qur'an untuk mendapatkan sebuah hukum, maka itu akan bisa mengantarkan pelakunya kepada kesesatan. "Sebab yang menjadi sumber hukum itu bukan hanya Al-Qur'an, melainkan ada Sunnah, ijma' sahabat, dan qiyas syar'i," tegas Ustaz Su'ud.

Di dalam Al-Qur'an juga tidak disebutkan secara rinci terkait berapa rakaat umat muslim harus sholat, lanjut Ustaz Su'ud, namun bukan berarti sholat  tidak wajib.

"Jadi,  jika ada yang mengatakan khilafah itu tidak wajib itu telah menunjukkan kurangnya referensi-referensi yang dimiliki, sehingga mereka mengatakan khilafah itu tidak wajib," pungkasnya.[] Wafi
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :