MENJADI POLITISI SEJATI - Tinta Media

Rabu, 13 Juli 2022

MENJADI POLITISI SEJATI


Tinta Media - Politisi adalah orang yang  beraktivitas politik, yakni orang yang terlibat dalam  mengurusi (ria'yah) urusan umat (publik). Ada kalanya seorang politisi itu penguasa, ia mengurusi urusan umat dengan kekuasaannya secara langsung. Ada kalanya, politisi itu bukan penguasa. 

Politisi yang bukan penguasa, akan mengurusi urusan umat dengan pemikiran dan politik, agar umat dan penguasa berjalan diatas rel politik yang ditentukannya. Politisi bukan penguasa itu lebih sulit, karena dia mengontrol jalannnya kekuasaan tanpa memiliki kewenangan.

Dia melakukan aktivitas politik untuk mempengaruhi umat dan penguasa sekaligus. Pada saat yang sama, dia tidak memiliki kewenangan (kekuasaan) dan tidak mendapatkan santunan (gaji) atas aktivitas politik yang dilakukannya.

Untuk menjadi politisi sejati -apalagi politisi yang belum memegang tampuk kekuasaan- maka dia harus memiliki kemampuan sebagai berikut :

Pertama, dia harus alim, yakni mengetahui bahkan hingga paham secara menyeluruh syariat Islam, karena syariat Islam adalah asas untuk mengatur urusan umat. Syariat adalah asas untuk membangun ketaatan penguasa dan kontrol umat atas kekuasaan yang dijalankan.

Kedua, dia harus alim, yakni mengetahui bahkan hingga paham secara menyeluruh fakta atau problem kehidupan yang dihadapi umat. Sebab, seorang politisi mustahil dapat mengarahkan penguasa bahkan sekaligus menggerakan umat, kalau dia tidak paham atas masalah yang dihadapi.

Ketiga, dia harus memiliki keberanian untuk mengontrol jalannya kekuasaan, menjelaskan masalah yang dihadapi, menjelas solusi syariat Islam terhadapnya, dan menyampaikannya secara terbuka kepada penguasa dan publik. Sebab, tuntutan pengaturan itu diarahkan kepada penguasa dan umat.

*Keempat,* dia harus memiliki iman yang kuat dan ketaqwaan yang tinggi. Sebab, tiga sifat sebelumnya jika dilakukan pasti akan mendapatkan hambatan dan tantangan.

Iman dan Taqwa yang menghujam, akan menghindarkannya dari kemalasan, kelalaian dan rasa bosan untuk terus mengurusi urusan umat. Karena motifnya adalah mencari pahala dan Ridlo-Nya.

Iman dan Taqwa yang menghujam, akan menjadi benteng yang kokoh atas ujian, hambatan, tantangan hingga kezaliman penguasa. Motif mencari pahala dan Ridlo-Nya, akan membuatnya sepele menghadapi semua ujian kehidupan.

Seorang politisi yang hanya berbekal kealiman ilmu, kefasihan analisis tanpa keberanian terjun ke masyarakat, menyelami setiap gelombang tantangan, hanya akan menjadi politisi utopia. Yakni, politisi yang hanya terikat dengan idealita didalam benak, namun tidak memiliki keberanian untuk merubah fakta yang rusak.

Apalagi, politisi yang hanya mengulang-ngulang narasi teks nilai-nilai dan ideologi perjuangan, namun tidak terjun dalam pertarungan, maka dirinya hanya akan dihinggapi rasa khawatir dan ketakutan yang tidak berdasar, karena tidak pernah mengkonfirmasi fakta kehidupan dengan parameter ideologinya. Politisi yang mengarang takdir, yang tidak bergiat dalam amal, tidak terjun dan menyelami gelombang samudera kehidupan hanya khawatir dengan berbagai asumsi dan pikiran-pikiran yang tidak berdasar, asyik dengan kegiatan ta'lim dan memperdalam ilmu dan tsaqofah saja, akan berpotensi menunda datangnya pertolongan dan kemenangan.[]

Oleh: Ahmad Khozinudin
Sastrawan Politik



Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :