TIPS AGAR BAHAGIA MENJALANI RUTINITAS KERJA - Tinta Media

Sabtu, 04 Juni 2022

TIPS AGAR BAHAGIA MENJALANI RUTINITAS KERJA

Tinta Media - Malas berangkat kerja apalagi di hari Senin, gelisah dan merasa sendiri dalam menghadapi masalah pekerjaan, bolak-balik melihat jam karena ingin segera pulang, merupakan beberapa indikasi depresi atau tidak bahagia menghadapi rutinitas pekerjaan di kantor. Bila Anda mengalami hal yang sama dan bingung cara mengatasinya, semoga beberapa tips di bawah ini dapat membantu.

Pertama, mulailah hari dengan pikiran positif. Sejak bangun tidur bahkan bila perlu sejak mau tidur camkan dalam diri untuk memandang diri sendiri, rekan kerja maupun keadaan lingkungan kerja dari segi positifnya secara logis. 

Hal itu dapat membantu mewujudkan suasana hati yang menyenangkan serta merangsang alam bawah sadar untuk mencari jalan keluar dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi masalah kerja. Dan yang tak kalah pentingnya, berpikir positif atau berbaik sangka (husnudzan) ---kepada orang-orang yang tidak memusuhi Islam--- termasuk amal shalih. 

Kedua, tersenyum. Tersenyumlah secara tulus dengan orang-orang yang berpapasan terutama dengan teman-teman di kantor. Rasakanlah energi positif mengalir dalam diri Anda ketika tersenyum. Dan energi positif akan terasa berlipat ganda tatkala mereka membalas senyuman dengan tulus pula. 

Jangan merusak mood Anda dengan pikiran negatif bila bertepuk sebelah tangan (senyum tak dibalas), ingatlah, tersenyum adalah sedekah. Sebagaimana sedekah yang tulus, pelakunya tak boleh mengharapkan balasan dari orang yang diberi, tetapi niatkan hanya untuk mendapat ridha Allah SWT semata.

Ketiga, menjalin persahabatan. Selain bertanggung jawab dan fokus dalam menunaikan pekerjaan kantor, menjalin persahabatan dengan rekan kerja juga penting. Bekerja tanpa menjalin persahabatan akan membuat Anda cepat jenuh. 

Ngobrol hal-hal ringan dan tidak penting (tapi bukan basa basi) dan tertawa lepas bersama rekan kerja, merupakan salah satu ciri persahabatan. Tanda lainnya, memberikan solusi atau setidaknya menjadi pendengar yang baik saat curhat.  

Christine Riordan, peneliti yang berfokus pada efektivitas kepemimpinan dan kesuksesan karier di berbagai perusahaan, kepada Harvard Business Review menyatakan bersahabat dengan rekan kerja akan meningkatkan kepuasan sebesar 50 persen dan lebih mungkin terlibat penuh dalam pekerjaan mereka.

Semoga tiga tips di atas dapat dipraktikkan dan membuahkan hasil yang optimal. Aamiin.[]

Joko Prasetyo
Jurnalis 

Dimuat pada rubrik Tips newsletter Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) edisi 98 (Februari 2020).
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :