Orang yang Hatinya Terus Berzikir - Tinta Media

Senin, 13 Juni 2022

Orang yang Hatinya Terus Berzikir


Tinta Media - Khadim Ma'had Syaraful Haramain KH Hafidz Abdurrahman menyampaikan penuturan Al-Hafidz Ibn Rajab Al-Hanbali yang menyebut orang yang hatinya senantiasa berzikir sepanjang hari.

"Ada orang yang hatinya terus menghadirkan dzikir sepanjang harinya," ujarnya kepada Tinta Media, Sabtu, (11/6/2022)

Menurutnya, orang seperti ini ada dua, pertama orang yang sibuk dzikir, sehingga meninggalkan urusan dunia yang mubah. Dia terasing dari makhluk. Kedua, orang yang hatinya dipenuhi dzikir kepada Allah, tetapi fisiknya berinteraksi dengan dunia dan makhluk. "Mereka seperti orang yang mengajar ilmu agama, berjihad, beramar ma'ruf nahi munkar dan berdakwah, mereka adalah orang yang paling mulia diantara dua kategori di atas," ungkapnya.

Mereka inilah yang disebut sayyidina Ali Radhiyallahu Anhu :
صحبوا الد نيا بابدان وارواحهامعلقة با لمحل الا علي
Artinya: Mereka membersamai dunia dengan fisik (raga) mereka, sementara ruh-ruh mereka diikat dengan posisi yang tertinggi.

Kyai Abdurrahman berkata mereka ini adalah para pengemban dakwah. Mengutip pernyataan Al-Hafidz Ibn Rajab, bahwa para pengemban dakwah sebagai pengganti Rasul ( Khulafa' ar-rasul) karena tugas mengemban risalah yang mereka emban.

"Mereka didoakan oleh semua penghuni langit dan bumi hingga ikan paus dalam lautan pun mendoakan dan memintakan ampun untuk mereka," pungkasnya.[] Yupi UN
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :