𝐓𝐈𝐆𝐀 𝐏𝐎𝐋𝐀 𝐎𝐏𝐈𝐍𝐈 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐇𝐀𝐑𝐔𝐒 𝐀𝐍𝐃𝐀 𝐊𝐄𝐓𝐀𝐇𝐔𝐈 - Tinta Media

Kamis, 23 Juni 2022

𝐓𝐈𝐆𝐀 𝐏𝐎𝐋𝐀 𝐎𝐏𝐈𝐍𝐈 𝐘𝐀𝐍𝐆 𝐇𝐀𝐑𝐔𝐒 𝐀𝐍𝐃𝐀 𝐊𝐄𝐓𝐀𝐇𝐔𝐈


Tinta Media - Ibarat mencari rumah teman tetapi tidak tahu rutenya, maka motor yang Anda kendarai itu akan keliling tak jelas hendak melewati jalan yang mana. Kira-kira seperti itu analoginya ketika Anda tidak mengatahui pola penulisan, maka opini yang dibuat jadi ke sana kemari tak fokus seperti apa alurnya. 

Sebaliknya, bila mengetahui peta ke arah tujuan, maka motor akan melaju ke jalan yang jelas menuju rumah yang dituju. Begitu juga bila penulis memahami alur pola penulisan yang akan dibuat, maka pesan yang disampaikan tinggal mengikuti saja pola yang sudah ditentukan. Bila Anda belum tahu alamat rumah saya, eh, alur pola penulisan, ada baiknya membaca tiga polanya di bawah ini. 

𝑃𝑒𝑟𝑡𝑎𝑚𝑎, 𝑓𝑎𝑘𝑡𝑎-𝑏𝑎ℎ𝑎𝑠𝑎𝑛-𝑠𝑜𝑙𝑢𝑠𝑖. Paragraf-paragraf awal memaparkan fakta yang akan dibahas. Paragraf-paragraf tengah membahas fakta tersebut dari sudut pandang tertentu (Islam ideologis, misalnya). Kemudian di paragraf-paragraf akhir dibahas solusinya. Pola seperti ini sangat popular, sebagian besar penulis opini menggunakan pola ini. 

Contoh: 𝐻𝑎𝑛𝑐𝑢𝑟𝑛𝑦𝑎 𝐹𝑖𝑡𝑟𝑎ℎ 𝑆𝑒𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝐼𝑏𝑢 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑆𝑖𝑠𝑡𝑒𝑚 𝐾𝑎𝑝𝑖𝑡𝑎𝑙𝑖𝑠. Klik: https://bit.ly/3zvjIMz

𝐾𝑒𝑑𝑢𝑎, 𝑙𝑎𝑛𝑔𝑠𝑢𝑛𝑔 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑠𝑖𝑘𝑎𝑝 𝑝𝑒𝑛𝑢𝑙𝑖𝑠. Sedari awal langsung menunjukkan sikap penulis terhadap fakta. Sikap dan fakta dimuat dalam paragraf yang sama. Tulisan seperti ini disebut opini lugas (𝑠𝑡𝑟𝑎𝑖𝑔ℎ𝑡 𝑣𝑖𝑒𝑤𝑠). Pembahasan lebih lanjutnya bisa dibaca pada tips berjudul 𝑌𝑢𝑘 𝑃𝑒𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑃𝑒𝑚𝑖𝑘𝑖𝑟𝑎𝑛 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑀𝑒𝑛𝑢𝑙𝑖𝑠 𝑆𝑡𝑟𝑎𝑖𝑔ℎ𝑡 𝑉𝑖𝑒𝑤𝑠. Klik: https://bit.ly/3B6vHyP

Contoh: 𝐴𝑑𝑎 𝑀𝑎𝑠𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑆𝑒𝑟𝑖𝑢𝑠 𝑑𝑖 𝐵𝑎𝑙𝑖𝑘 𝐷𝑖𝑡𝑎𝑛𝑔𝑘𝑎𝑝𝑛𝑦𝑎 𝑃𝑒𝑚𝑢𝑑𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑀𝑒𝑚𝑏𝑢𝑎𝑛𝑔 𝑆𝑒𝑠𝑎𝑗𝑒𝑛. Klik: https://bit.ly/3J3ylbl.

𝐾𝑒𝑡𝑖𝑔𝑎, 𝑝𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛𝑎𝑙𝑜𝑔𝑖𝑎𝑛. Pesan utama yang akan disampaikan dianalogikan dengan hal lain untuk memudahkan pembaca memahami pesan utama tersebut.

Contoh: 𝑃𝑖𝑠𝑎𝑛𝑔 𝐺𝑜𝑟𝑒𝑛𝑔 𝑆𝑎𝑚𝑏𝑎𝑙 𝑑𝑎𝑛 𝐾ℎ𝑖𝑙𝑎𝑓𝑎ℎ. Klik: https://bit.ly/3QjPphS

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menulis opini secara mengalur sesuai pola yang telah ditentukan. Selamat berdakwah lewat tulisan! Semoga banyak yang tercerahkan. Aamiin.[]

Depok 13 Zulkaidah 1443 H | 12 Juni 2022 M

Joko Prasetyo
Jurnalis
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :