APAKAH ANIES BASWEDAN LAYAK MENJADI CALON KHALIFAH? - Tinta Media

Sabtu, 18 Juni 2022

APAKAH ANIES BASWEDAN LAYAK MENJADI CALON KHALIFAH?


Tinta Media - Dalam sebuah diskusi GWA, ada salah satu anggotanya bertanya kepada penulis apakah dalam konteks Indonesia Saudara Anies Rasyied Baswedan layak menjadi calon Khalifah ? Sebuah pertanyaan yang sebenarnya tidak membutuhkan jawaban.

Saat itu, penulis sedang masif mengunggah sejumlah artikel tentang keutamaan sistem Khilafah. Pada saat yang sama, penulis juga membongkar kebobrokan sistem demokrasi sekuler yang telah lama menyengsarakan rakyat Indonesia.

Namun, sekedar untuk memberikan jawaban, penulis menjawabnya dengan memberikan pertanyaan retoris. Apakah Anies Baswedan mendukung Khilafah ?

Ya, pertanyaan singkat ini akan mampu menjawab layak tidaknya seseorang untuk dinominasikan menjadi calon Khalifah. Tidak mungkin, seseorang dinominasikan menjadi calon Khalifah, jika dia sendiri ternyata tidak mendukung Khilafah.

Dalam isu Khilafah, saudara Anies Baswedan Abstain. Tidak menentang, tidak juga memberikan dukungan, cenderung mengambil sikap diam.

Kita dapat maklum, karena pro Khilafah sangat berkaitan dengan elektabilitas. Menyatakan kontra Khilafah juga akan berpengaruh pada elektabilitas.

Bagi pemilih muslim, apalagi muslim yang taat, menyatakan kontra Khilafah tentu bertentangan dengan akidah Islam. Seorang yang mau maju menjadi capres, akan berfikir ribuan kali menyatakan kontra Khilafah, jika masih mengharapkan pemilih dari ceruk pasar umat Islam.

Beda dengan capres yang nyata-nyata tak membutuhkan ceruk pasar Islam, fokus pada pemilih nasionalis dan abangan, Ganjar Pranowo misalnya. Ganjar secara terbuka mengaku penyuka film bokep dan kontra Khilafah. Bagi ganjar, terbuka menentang Khilafah akan makin mendapatkan dukungan dari kaum militan abangan dan nasionalis.

Kembali kepada pertanyaan, apakah Anies Baswedan layak menjadi calon Khalifah ?

Secara syar'i, siapapun punya hak mencalonkan diri sebagai Khalifah asalkan memenuhi syarat in'ikad, yaitu : Muslim, laki-laki, baligh, berakal, merdeka, adil dan memiliki kemampuan untuk mengemban tugas kekhalifahan. Menjadi calon khalifah sederhana, tidak ribet harus dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik, tidak pula dikenal syarat parlementiary treshold.

Namun tentu saja, yang layak menjadi calon Khalifah adalah orang yang mendukung Khilafah. Dalam isu ini, nampaknya Saudara Anies Baswedan tidak memiliki sikap yang jelas.

Jadi, sebaiknya siapa yang ingin menjadi Capres bukan calon Khalifah, fokus saja pada urusannya. Sehingga, jika ada orang yang tidak didukung karena tidak mendukung, tidak usah kecewa. Bukankah hal itu sesuatu yang wajar dan masuk akal? [].

Follow Us Ahmad Khozinudin Channel
https://heylink.me/AK_Channel/

Oleh: Ahmad Khozinudin
Sastrawan Politik





Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :