Ustaz ABI Beri Tips Agar Tetap Istiqamah Taat kepada Allah - Tinta Media

Sabtu, 14 Mei 2022

Ustaz ABI Beri Tips Agar Tetap Istiqamah Taat kepada Allah


Tinta Media  - Mudir Ma'had Wakaf Darun Mahdhah al-Islamiyah Bogor Ustaz Arief B. Iskandar (ABI) memberikan tips agar tetap bisa istiqamah dalam ketaatan.

"Lalu bagaimana agar kita bisa tetap istiqamah dalam ketaatan kepada Allah SWT? Beberapa hal mesti dilakukan," tuturnya kepada Tinta Media, Kamis (12/5/2022).

Pertama, beriman secara benar dan lurus. "Menyatu antara keyakinan, ucapan dan tindakan. Lihat Al-Qur'an surah Ibrahim ayat 27," ujarnya.

Kedua, mengkaji, menghayati dan mengamalkan seluruh isi Al Qur'an. "Lihat Al Qur'an surah an-Nahl ayat 102, al-furqan ayat 32," lanjutnya.

Ketiga yakni menjalankan segala amal dengan ikhlas dan selalu berusaha terikat dengan syariah (QS.bAl-Bayyinah: 5).

Keempat, banyak menjalankan amal-amal yang Sunnah seperti shalat malam, shaum sunnah, dan lain-lain. "Selain tentu konsisten dalam menjalankan berbagai kewajiban," paparnya.

Kelima adalah membaca kisah-kisah orang shalih terdahulu sehingga bisa dijadikan teladan dalam beristiqamah. "Dalam Al-Qur'an banyak diceritakan kisah-kisah para nabi, Rasul dan orang-orang yang beriman yang terdahulu. "Kisah-kisah ini Allah jadikan untuk meneguhkan hati Rasulullah Saw. dan tentu orang-orang Mukmin. Lihat Al-Qur'an surah Hud ayat 11," ulasnya.

Keenam adalah bergaul dengan orang-orang shalih. Allah SWT menyatakan dalam Al Qur'an bahwa salah satu sebab utama yang menguatkan para sahabat adalah keberadaan Rasulullah Saw. di tengah-tengah mereka. "Allah SWT juga memerintahkan agar kita selalu bersama dengan orang-orang yang baik. Lihat Al Qur'an surah at-taubah ayat 119," tukasnya.

Ketujuh, memperbanyak doa kepada Allah SWT agar diberi keistiqamahan. Allah SWT memuji orang-orang yang beriman yang selalu berdoa kepada-Nya  untuk meminta keteguhan iman ketika menghadapi ujian. "Lihat Al Qur'an surah Ali Imran ayat 146-148, surah Al Baqarah ayat 250, surah Ali Imran ayat 8," ungkapnya.

Alhasil, ujar Ustaz ABI, Ramadhan boleh saja tinggal kenangan. "Namun, selayaknya kita tetap menjadi orang-orang yang istiqamah dalam ketaatan kepada Allah SWT, termasuk dalam berdakwah demi memperjuangkan tegaknya syariah secara kaffah," pungkasnya.[] Ajirah
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :