Ruhut Sitompul Diduga Rasis, Prof. Suteki: Bagian Karakter Sistem Demokrasi Sekuler - Tinta Media

Kamis, 19 Mei 2022

Ruhut Sitompul Diduga Rasis, Prof. Suteki: Bagian Karakter Sistem Demokrasi Sekuler


Tinta Media  - Dugaan rasis yang dilakukan politisi Ruhut Sitompul terhadap Anies Baswedan, dinilai Pakar Hukum dan Masyarakat Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum. sebagai bagian karakter sistem demokrasi sekuler yang tidak ada kesetiaan dan idealitas.

"Karakter sistem demokrasi sekuler memang tidak ada kesetiaan dan idealitas," tuturnya pada acara segmen Tanya Profesor : Dugaan Ra515 Ruhut S Wajib Diproses Hukum, Jumat (13/05/2022) di kanal YouTube Prof. Suteki.

Bahkan kata orang, lanjut Suteki, sistem demokrasi sekuler itu istilahnya tidak ada teman dan musuh abadi. Yang abadi itu adalah kepentingannya. Yang kemudian menyebabkan politik itu sering dikatakan sebagai dunia yang kotor. Dan kalau dunianya kotor lalu pemainnya biasanya cenderung berbuat kotor. Sehingga menggunakan semua cara untuk mencapai tujuannya.

Menurutnya, politisi tidak peduli tentang halal maupun haram. "Politisi itu tidak peduli halal atau haram, etis atau tidak etis, rasis atau tidak rasis. Bahkan kalau perlu dengan penghinaan atau pelecehan terhadap pihak yang berseberangan itu hal yang biasa," paparnya.

Ia berharap Bang Ruhut S. tidak termasuk yang demikian. "Saya berharap Bang Ruhut tidak termasuk yang demikian. Saya berharap politisi itu punya idealitas yaitu memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Bukan hanya kepentingan partai atau kelompoknya saja," ujarnya.

Bahkan jika partainya itu salah, kata Suteki, harus berani mengakui kesalahan dan bukan membela membabi buta apalagi harus menyerang pihak yang lain dengan narasi jahat.

Terakhir, ia berharap agar para politisi bersikap baik dan mulia. "Tunjukkan kebaikan dan prestasi diri, sehingga pembelaan terhadap kebenaran dan keadilan terus bisa dilakukan. Demikian itu adalah politisi yang sebaliknya yaitu politisi yang mulia," pungkasnya. [] Nur Salamah
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :