APA GUNANYA KEKUASAAN? - Tinta Media

Jumat, 06 Mei 2022

APA GUNANYA KEKUASAAN?


MENURUT BANGSA JEPANG

Tinta Media  - Apa gunanya kekuasaan? Orang Jepang akan menjawab, kekuasaan yg dipegang oleh Pemimpin Nasional (Kaisar) itu digunakan untuk menggerakkan bangsanya menuju masyarakat adil dan makmur !

Contohnya ketika Jepang hancur karena bom atom di Nagasaki dan Hiroshima pada 1945, Kaisar Hirohito dengan kekuasaannya kemudian mengumpulkan guru yang masih hidup guna mendidik bangsanya menguasai ilmu dan teknologi.

Saat itu memang terjadi pro-kontra tentang strategi pemulihan Jepang setelah terpuruk. Angkatan Perang menghendaki agar menghimpun kekuatan tentara guna balas dendam ke AS. Sedangkan Kaisar memutuskan bahwa Jepang harus maju dengan semangat kemandirian (Bushido)  dengan mengutamakan pendidikan (maka dicari guru ). Dan semua tunduk keputusan sang Kaisar (termasuk tentara yang punya  pendapat lain ). Ternyata hanya dalam dua dekade Jepang bisa bangkit sebagai Negara industri besar terkemuka didunia !

Intinya Kepemimpinan bangsa Jepang menggunakannya sebagai inspirator kebangkitan ekonomi dengan strategi kemandirian dan pendidikan, bukan dengan jalan  berhutang keluar Negeri dan menjual asset Negara.

BAGAIMANA PEMIMPIN DI INDONESIA ?

Kalau di Jepang seseorang menjadi Pemimpin Nasional (Kaisar ) itu sudah "given" melalui System Kekaisaran. Sedang di Indonesia untuk menjadi Presiden harus melalui revolusi atau bisa juga dengan cara membeli suara rakyat.

Intinya, dengan latar belakang seseorang untuk menjadi Pemimpin  seperti itu, maka perlu penggalangan massa dukungan dan uang, maka setelah memegang kekuasaan, seorang Pemimpin/Presiden di Indonesia secara tidak sadar mendefinisikan bahwa FUNGSI KEKUASAAN  adalah untuk mencari dana guna memberi "makan" para pendukungnya. Yaitu lewat strategi/modus pembangunan, hutang LN, jual asset negara,  dan menyerahkan sumberdaya alam ( tambang emas, logam lain, batu bara, nikkel dll) ke Asing !

Memang beberapa waktu yang lalu ada kabar gembira bahwa saham Tambang Emas Freeport di Papua 51 % sudah dimiliki kembali oleh Indonesia ! Pertanyaannya darimana uang untuk membeli saham Freeport tersebut ? Ternyata berhutang juga ke China ! Artinya tambang emas terbesar didunia itu hakekatnya saat ini di kuasai oleh AS dan China !

Itulah GUNANYA KEKUASAAN di Indonesia !

Pertanyaannya, apakah hutang LN itu gratis ? Kalau tidak gratis apa konsekuensi hutang tersebut bila tidak terbayar ? Apakah akan seperti Tibet, Angola , Srilangka dll yang kemudian diambil alih kawasan Negaranya ke Aseng dan Asing ? Dan tambang emas seperti Freeport dimiliki oleh AS dan China ( oleh Kapitalis dan Komunis ?).

Dengan kata lain  akan kembali menjadi negeri jajahan seperti era VOC lagi ?

KESIMPULAN :

Masih adakah "akal sehat" kita ?

MAGELANG, 3 MEI 2022.

Oleh: Ahmad Daryoko
Koordinator INVEST.
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :