Ustazah Najmah Sa'iidah: Didiklah Anak dengan Al-Qur'an - Tinta Media

Jumat, 22 April 2022

Ustazah Najmah Sa'iidah: Didiklah Anak dengan Al-Qur'an


Tinta Media - Aktivis Muslimah Ustazah Najmah Sa'iidah berpesan kepada orang tua agar mendidik anaknya dengan Al-Qur'an.

"Nah inilah sebenarnya kenapa kemudian kita harus mendidik anak kita dengan Al-Quran," tuturnya dalam acara Ngabuburit di Tatar Sunda: Mendidik Anak dengan Bahagia Bersama Al-Qur'an, melalui Kanal YouTube Rayah TV, Ahad (17/4/2022).

Menurutnya, ketika orang tua mendidik anak-anaknya, tentu orang tua ingin selamat, ingin anak-anaknya bahagia. "Kita juga bahagia, semuanya bahagia. Dan itu akan tercapai ketika kita mendidik anak-anak kita dengan Al-Qur'an. Mengapa begitu? Karena, siapapun juga ketika ditanya apa itu Al-Qur'an, maka setiap orang atau muslim pasti akan menjawab, bahwasannya itu adalah pedomannya kaum muslimin, itu adalah pijakannya kaum muslimin," ujarnya.

Ia menggambarkan Al-Qur'an ibarat rel sebuah jalan, yang harus ditapaki oleh setiap umat Islam. Walaupun tentu saja tidak hanya Al-Qur'an, tapi juga ada hadis Rasulullah SAW

"Dalam hal ini Rasulullah SAW sebagai contoh yang terbaik untuk kita semua. Sehingga, dengan kondisi yang seperti ini, tentu saja kita harus atau wajib menjadikan Al-Qur'an ini sebagai pijakan bagi kita semua. Sebagai sandaran bagi umat islam di dalam menjalani kehidupan ini," ungkapnya.

Menurutnya, ketika Al-Qur'an ini diyakini datang dari Allah SWT, al-Khaliq al-Mudabbir, yaitu Al-Qur'an itu datang dari Allah Yang Maha Pencipta, Yang Maha Pengatur dan dijadikan pedoman bagi semua maka tentu saja umat Islam akan berusaha untuk bisa melaksanakan semuanya itu dengan baik. "Sebagai seorang ibu yang mengikuti apa saja yang telah diminta atau diingini oleh Allah SWT," paparnya.

Kemudian, ketika yakin kepada Al-Qur'an bahwasannya itu adalah dari Allah SWT, katanya, maka tentu saja dalam hal ini yang menjadikan tanda iman atau tidak iman.

"Ini yang harus kita yakini betul. Ketika kita iman kepada Al-Qur'an, berarti kita menjadikan Al-Qur'an ini sebagai pijakan di dalam melakukan segala amal perbuatan kita," ujarnya.

Artinya, setiap muslim wajib untuk meyakini keberadaaan Al-Quran ini, bahwa Al-Quran itu ada, dan itu disampaikan oleh yang Maha Baik Allah SWT, melalui yang terbaik Malaikat Jibril, kepada orang terbaik, orang yang paling baik, orang yang terbaik yaitu Rasulullah SAW.

"Dan ini disampaikan kepada kita semua. Tentu saja kita ingin menjadi orang yang terbaik," ungkapnya.

Ustazah Najmah memandang, ketika ingin menjadi orang yang terbaik, maka  harus melaksanakan semua yang telah disampaikan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur'an nur Kariim ini. "Dan kalau kita melihat di dalam nash-nash ini, di dalam ayat-ayat Al-Quran ini, sudah sangat jelas, sekalipun dalam bentuk khutuuth 'ariidhoh, dalam bentuk garis-garis besar, tetapi sudah mencakup seluruh perbuatan manusia," ungkapnya.

Menurutnya, kalau mau melaksanakan termasuk dalam hal mendidik anak-anak dengan yang tercantum di dalam Al-Quran, maka bisa dipastilan bahwa itu akan bahagia.

"Kita itu akan bisa menjadi keluarga yang selamat, anak-anak kita selamat, ibu-ibunya selamat, bapak-bapaknya selamat, keluarganya selamat, in syaa Allah. Masyarakatnya juga selamat, dan nanti akan terwujud peradaban yang mulia, peradaban yang selamat, ketika semuanya itu menjalankan apa yang telah dituntunkan atau yang telah disampaikan oleh Allah SWT kepada kita semua," jelasnya.

"Karena Al-Qur'an adalah pijakan, pedoman bagi umat islam yang itu akan membawa kepada kebahagiaan dunia akhirat, in syaa Allah," pungkasnya. []'Aziimatul Azka

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :