Ustaz Abu Zaid: Allah Ciptakan Manusia Hanya Dua Jenis - Tinta Media

Minggu, 03 April 2022

Ustaz Abu Zaid: Allah Ciptakan Manusia Hanya Dua Jenis

https://drive.google.com/uc?export=view&id=156q5pyVJfp8Bv1UFnBh8XxrMsE-5vguc

Tinta Media - Ulama, Trainer, dan Motivator Keluarga Samara Ustaz Abu Zaid menyatakan Allah SWT menciptakan manusia hanya dua jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan sesuai dengan fungsi dan perannya.

“Allah SWT menciptakan manusia hanya dua jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan sesuai dengan fungsi dan juga perannya,” tuturnya dalam Kajian Malam (Kalam) – Kajian Keluarga Samara: Allah Hanya Menjadikan Laki-laki dan Perempuan, Rabu (30/3/2022) di kanal Youtube Kaffah Channel.

Ia menerangkan Allah telah menciptakan manusia, laki-laki dan perempuan, dipersiapkan dengan perannya masing-masing dalam kekhususannya.

“Allah ciptakan perempuan jadi istri, jadi ibu dengan peran khusus, hamil, menyusui, mendidik anak pertama kali sampai anak itu mandiri. Itu tugas perempuan. Perempuan diberi peran dalam melakukan aktivitas-aktivitas khusus perempuan,” terangnya.

Begitu pula dengan peran laki-laki dengan aktivitas khususnya, menurutnya, peran yang membutuhkan kerja keras, tenaga besar itu diberikan kepada laki-laki, kepala keluarga, penanggung jawab nafkah keluarga, itu sudah dibagi sedemikian rupa oleh Allah SWT.

Menurutnya, penting sekali mendidik anak itu sebagai laki-laki dengan perannya laki-laki dan fungsi sosial (gender)nya pun laki-laki. Demikian pula anak perempuan harus memainkan peran gender perempuan.

“Dalam Islam anak laki-laki harus memainkan peran gendernya laki-laki, begitu pula anak perempuan harus memainkan peran gender perempuan, jadi istri, ibu, dan seterusnya. Sementara laki-laki jadi suami, bapak, dan peran sosialnya sebagai laki-laki. Ini penting sekali,” tuturnya.

Allah Subhanahu Wa Ta’alla berfirman, artinya: “Wahai kalian manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal,” (QS al-Hujurat:13).

Ia mengatakan, dalam surat al Hujurat ayat 13 ini Allah sudah menegaskan bahwa Allah menciptakan kamu (manusia) dari laki-laki dan perempuan.

Di dalam Quran Surat An-Nisa ayat 1, Allah SWT berfirman: “Allah menciptakan dari adam itu hawa kemudian Allah menciptakan dari adam dan hawa itu laki-laki dan perempuan yang banyak.” Ia mengungkapkan dalil ini merupakan pemahaman yang penting untuk diterapkan dalam pendidikan ke anak-anak.

Ia menjelaskan bahwa diciptakan laki-laki dan perempuan itu supaya menikah menjadi suami istri dan mempunyai anak. Sebagaimana firman Allah SWT, artinya: “Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (adam) dan darinya Dia menciptakan istrinya agar dia merasa senang kepadanya maka setelah dicampurinya, istrinya itu mengandung kandungan yang ringan dan teruslah merasa ringan dalam beberapa waktu. Kemudian tatkala merasa berat, keduanya suami istri, berdoa kepada Allah, kepada Tuhannya seraya berkata: “Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang sempurna tentunya kami termasuk orang-orang yang bersyukur,” (QS Al-Araf: 189).

“Dengan begitu tujuan Allah untuk mengatur dunia ini dengan manusia sebagai khalifah untuk melaksanakan syariat Allah itu akan tercapai keberlangsungan hidup manusia,” ujarnya.

Pertentangan Jenis Kelamin dan Gender

Menurutnya, dunia sekarang lagi kacau tentang persoalan jenis kelamin, maraknya LGBT dan lain-lain telah mempengaruhi umat Islam. Ada dua hal yang dipertentangkan sekarang ini, yaitu jenis kelamin dan gender.

“Sekarang ada pertentangan antara jenis kelamin yang bersifat fisik, dan gender yang sifatnya terkait status kondisi sosial,” ucapnya.

Akibatnya sekarang marak laki-laki dioperasi kelamin seperti perempuan atau sebaliknya, perempuan dioperasi menjadi laki-laki. Bahkan ada yang tidak jelas, fisiknya tampak dari luar laki-laki tapi ternyata perempuan. Ada yang tampak luarnya perempuan ternyata laki-laki. “Hal ini dipengaruhi oleh liberalisme yang menjadikan manusia itu boleh mengubah jenis kelaminnya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Allah SWT telah mengatur peran-peran laki-laki dan perempuan dengan syariat. Kemudian dijungkir-balikan oleh sistem yang ada sekarang sehingga kehidupan manusia menjadi rusak. Berbagai pelanggaran yang menyalahi fitrah manusia dilakukan oleh Barat atau lebih tepatnya adalah ideologi sekuler-kapitalisme yang berdasarkan sekularisme.

“Sekularisme menjadikan manusia mengatur kehidupannya sesuka hati sehingga muncul ide aneh seperti misalnya LGBT, child free, seks bebas, atau di Jepang ada fenomena laki-laki dan perempuan muda tidak menganut seks bebas, tidak juga menganut menikah, angkanya sampai puluhan persen mereka itu tidak punya pasangan,” ungkapnya

Ia mengkritisi pemikiran dari seorang psikolog Selandia Baru bahwa antara gender dan jenis kelamin dipisah, dibedakan. Di mana jenis kelamin terkait dengan fisik seseorang, sementara gender terkait fungsi sosial. Akhirnya kacau.

“Seperti berita yang lalu, seorang perempuan Inggris ingin hamil tapi tidak punya suami, dia beli sperma online, kemudian beli alat suntiknya, dan menyuntikkannya sendiri, lalu hamil dan punya anak. Gimana kalau jadi begini? Kacau sekali kehidupan ini, bapaknya siapa? Siapa nanti yang bertanggung jawab? Perwaliannya bagaimana? Nasabnya bagaimana?” kritiknya.

Oleh karena itu ia mengatakan di dalam Islam, setiap anak yang lahir itu dipastikan nasabnya jelas makanya harus menikah. “Satu-satunya hubungan yang halal laki-laki dan perempuan itu di dalam Islam adalah dengan pernikahan,” katanya.

Ia mengungkapkan penting sekali kita didik anak itu sebagai laki-laki dengan peran laki-laki. Jadi secara jenis kelamin dan gendernya satu.

“Di dalam Islam secara gender dan jenis kelamin itu sama. Seorang laki-laki, jenis kelaminnya memang laki-laki dan secara sosial dia berlaku, bertingkah laku, berperan misal sebagai suami, peran suami sebagai pemimpin. Dia memang laki-laki,” pungkasnya. [] Ageng Kartika

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :