Istiqomah dalam Kataatan kepada Allah SWT - Tinta Media

Rabu, 27 April 2022

Istiqomah dalam Kataatan kepada Allah SWT


Tinta Media  - Pengasuh Majelis Tafsir Darul Ilmi ast-Tsaqofi Ustadz Abdul Aziz, M.Pd.I mengajak umat Islam agar Istiqomah dalam ketaatan kepada Allah SWT.

"(Mari) kita Istiqomah dalam seluruh hal-hal yang diperintahkan Allah SWT," tuturnya dalam Tausiyah Ramadhan: Dahsyatnya Istiqomah di Jalan Allah di kanal YouTube At Tafkir Channel, Senin (25/4/2022).

Ustadz Abdul Aziz menjelaskan bahwa di dalam surah Fussilat ayat 30, Allah SWT berfirman: Seseorang yang mengatakan Rabb kami adalah Allah SWT, kemudian dia Istiqomah. "Yang dimaksud istiqomah adalah istiqomah dalam iman dan amal saleh, dalam ketaatan, kepada Allah SWT, dalam kebaikan," ujarnya.

"Kalau punya amaliah misalnya kita berdakwah di jalan Allah, kita Istiqomah berdakwah sampai mati. Kita Melaksanakan syariat Allah SWT, kita Istiqomah menjalankan syariat Allah sampai mati," paparnya.

Ia menjelaskan bahwa disyariatkan Allah SWT yang termaktub dalam Al-Qur'an dan Sunnah untuk menjalankan ajaran Islam dengan baik dan Istiqamah. "Dan Istiqomah itu, MasyaaAllah, fadilahnya sangat agung sekali," ucapnya.

Ia melanjutkan, ini dijelaskan oleh Allah SWT bahwa akan turun malaikat kepada orang yang istiqamah, yang tidak satu tetapi lebih dari satu. Malaikat akan mengatakan janganlah kalian takut dan janganlah kalian sedih dan tempat kalian di surga. "Ini sebuah peristiwa yang sangat istimewa, yang Allah SWT anugrahkan kepada orang yang istiqomah," jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, kapan datangnya para malaikat itu, para ulama tafsir seperti Ibnu Katsir, Iman ath Thabari, Imam Al Qurthubi dan yang lainnya mengatakan bahwa datangnya malaikat adalah ketika orang mau meninggal. Sakaratul maut adalah sesuatu yang sangat dahsyat yang sangat menggetarkan jiwa manusia. "Dan psikologi orang yang sakaratul maut itu, jiwanya takut bercampur sedih," tukasnya.

Tetapi kata para ulama, orang yang istiqomah dalam kebaikan, amal saleh, maka Allah SWT berikan keutamaan yang besar. Allah SWT utus malaikat datang mendatangi mereka ketika sakaratul maut dan menghiburnya dengan mengatakan jangan kalian takut, jangan kamu sedih, tempatmu di surga, Allah SWT memberitahu itu. "Maka banyak kita jumpai orang-orang saleh ketika meninggal dunia, mereka senyum, ceria wajahnya, bahagia," ungkapnya.

"Jadi mari kita berusaha sekuat mungkin istiqomah di jalan Allah SWT dan berdoa kepada Allah SWT. Mudah-mudahan Allah SWT teguhkan hati kita agar selalu istiqomah di jalan Allah. Disamping kita doa, interaksi dengan orang-orang saleh, interaksi dengan orang-orang baik, sangat mempengaruhi keistiqomah kita," tandasnya. [] Ajirah
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :