Pahami Makna Laa Ilaaha llla Allah - Tinta Media

Kamis, 14 April 2022

Pahami Makna Laa Ilaaha llla Allah

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1tS9jsljs0Zl52SMHdWxU29Jiew1xtXpq

Tinta Media - Sobat. Dunia menyediakan bagi kita singgahan sejenak dan perhentian sementara. Ia berhakikat senda gurau dan permainan. Maka jangan kita luput dari menikmati lezatnya ketaatan, mensenyumi duka, dan menghitung syukur dalam sukar.Inilah hakikat seorang mukmin bagi dunia, dia tamu yang baik. Dia hadir untuk membaikkan dan meninggalkan jejak  kebaikan.

Sobat. Sungguh tidak ada Ilaah ( Sesembahan, Tuhan ) selain Allah  adalah kalimat tauhid ; Islam seluruhnya, Iman seluruhnya dan ihsan seluruhnya  terkumpul dalam kalimat tersebut. Umat Islam kerap mengulang-ulang kalimat itu dalam berbagai waktu dan kesempatan. Bahkan, saking  seringnya diulang-ulang sebagian kita melalaikan maknanya.

Allah SWT Berfirman :
فَٱعۡلَمۡ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا ٱللَّهُ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۢبِكَ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مُتَقَلَّبَكُمۡ وَمَثۡوَىٰكُمۡ  (١٩)
“Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.” ( QS. Muhammad (47) : 19 )

Sobat. Dalam ayat ini, Allah memerintahkan Nabi Muhammad, apabila ia telah yakin dan mengetahui pahala yang akan diperoleh oleh orang-orang yang beriman, serta azab yang akan diperoleh oleh orang-orang kafir di akhirat, untuk berpegang teguh kepada agama Allah yang dapat mendatangkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Beliau juga diperintahkan untuk memohon kepada Allah agar mengampuni dosa-dosanya dan dosa-dosa orang beriman, selalu berdoa dan berzikir kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali memberi kesempatan kepada setan untuk melaksanakan maksud buruknya kepada beliau.

Sebuah hadis sahih mengatakan, Rasulullah saw selalu berdoa:
Wahai Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, dan perbuatanku yang berlebih-lebihan, dan dosaku yang lebih Engkau ketahui daripadaku. Wahai Allah, ampunilah dosa perkataanku yang tidak serius dan perkataanku yang sungguh-sungguh, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua yang ada padaku." (Riwayat al-Bukhari dari Abu Musa al-Asy'ari)

Rasulullah sering berdoa pada akhir salatnya, sebelum mengucapkan salam:
Ya Allah, ampunilah dosaku yang terdahulu dan yang terkemudian, yang tersembunyi dan yang tampak, serta perbuatanku yang berlebihan dan dosaku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkau Tuhanku, tak ada tuhan selain Engkau." (Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu 'Abbas)

Hai manusia, bertobatlah kamu kepada Tuhanmu maka sesungguhnya aku pun mohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya setiap hari lebih dari tujuh puluh kali. (Riwayat Muslim)

Abu Bakar as-shiddiq berkata, "Hendaklah kamu membaca, "La ilaha illallah dan istigfar." Bacalah keduanya berulang kali, maka sesungguhnya Iblis berkata, "Aku membinasakan manusia dengan perbuatan dosanya, dan mereka membinasakanku dengan membaca La ilaha illallah dan istigfar, maka ketika aku mengetahui yang demikian, mereka aku hancurkan dengan hawa nafsunya, mereka mengira mendapat petunjuk." (Riwayat Abu Ya'la).
Dalam satu atsar diterangkan perkataan Iblis, "Demi keperkasaan dan keagungan-Mu, wahai Tuhan, aku senantiasa memperdaya mereka selama nyawa mereka dikandung badan." Lalu Allah berfirman, "Demi keperkasaan dan keagungan-Ku, Aku senantiasa mengampuni dosa mereka, selama mereka tetap memohon ampunan kepada-Ku."

Selanjutnya Allah mendorong manusia melaksanakan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan agar selalu berusaha untuk mencari rezeki dan kebahagiaan hidupnya. Allah berfirman, "Dia mengetahui segala usaha, perilaku, dan tindak-tanduk mereka di siang hari, begitu pula tempat mereka berada di malam hari. Oleh karena itu, bertakwa dan meminta ampunlah kepada-Nya." Dalam ayat lain, Allah berfirman:
Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya.) Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfudz). (Hud/11: 6)
Dan Dialah yang menidurkan kamu pada malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari. Kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umurmu yang telah ditetapkan. Kemudian kepada-Nya tempat kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (al-An'am/6: 60).

Kalimat  “ Laa Ilaaha illa Allah “ adalah benteng. Siapa pun yang memasukinya akan selamat dari siksa neraka. Adalah  Kalimat tauhid, kita harus mempelajarinya dan menyelami samudera maknanya.

Pertama. Allah adalah nama Zat Yang Mahasempurna. Asmaul husna secara keseluruhan terkumpul dalam nama Allah.  Al-Ilah al-Ma’bud ( Tuhan yang disembah ). Makna kata ‘abada  bukan sebatas atha’a (menaati) melainkan juga ahabba ( mencintai ) maka ibadah (penyembahan) adalah cinta  yang disertai ketaatan. Jadi orang yang taat kepada Allah tetapi tidak mencintai-Nya, belum bisa disebut menyembah atau beribadah kepada-Nya.
Laa ilaaha illa Allah  berarti mengakui bahwa “ Tidak ada tuhan yang patut disembah secara haq, kecuali Allah. Seluruh asmaul husna bila dikumpulkan menjadi Allah; Dialah sesembahan sesungguhnya. Menyembah atau beribadah kepada Allah adalah puncak ketundukan yang disertai cinta yang sangat mendalam. Maka Ibadah terdiri dari tiga fase : yaitu makrifat (pengenalan), ketaatan yang disertai cinta, dan kebahagiaan.

Kedua. Dalam konteks keagungan Allah SWT , baik akal, jiwa maupun hati, semuanya  berpusat, berporos, dan memusat kepada-Nya.

Ketiga. Kalimat “ Laa Ilaha illa Allah “ berarti tidak ada sesembahan, tidak ada Yang Maha Agung, dan  tidak ada tempat untuk bersandar kecuali Allah.”

Jadi kalimat “ Laa ilaaha illa Allah “ menegasikan Tuhan selain Allah SWT di seluruh alam semesta. Ibnu Abbas berkata, “ Laa Ilaaha illa Allah “ berarti tidak ada yang memberi manfaat, tidak ada yang dapat mendatangkan bahaya, tidak ada yang dapat memuliakan, tidak ada yang dapat menghinakan, tidak ada yang dapat memberi, tidak ada yang mencegah kecuali Allah.

Keempat. Kalimat “ Laa Ilaaha illa Allah “  bisa bermakna al-raghbah (Cinta) al-Rahbah ( Takut ).  Rasa cinta dan takut, keduanya wajib ditujukan kepada Allah SWT. Sebab hanya Allah yang kuasa menghilangkan kesulitan hamba. Saydina Ali ibn Abi Thalib ra berkata, “ Tidaklah seorang hamba merasa takut kecuali bila ia melakukan dosa dan tidaklah ia berharap kecuali kepada Tuhannya.” 

Sobat. Kita harus tahu bahwa tujuan ilmu adalah tauhid dan tujuan amal adalah takwa. Jika Anda menauhidkan Allah  dan bertakwa kepada-Nya , niscaya Anda memegang kendali seluruh urusan.
Allah ‘Azza wa Jalla  adalah sesembahan sesungguhnya. Jika seorang mengaku beriman tetapi ia membangkang kepada Allah hanya demi mendapatkan ridha manusia, atau melakukan kebaikan hanya untuk meraih simpati seseorang, atau bahkan melakukan dosa untuk memperoleh kedudukan, berarti tauhidnya masih lemah. Ia menganggap di dunia ada orang yang dipandang sebagai tuhan, berhak disembah, patut ditaati, layak dimuliakan dengan cinta dan ketundukkan.

Jadi makna tauhid adalah membebaskan diri dari apa pun dan siapa pun selain Allah secara mutlak, baik dalam bentuk cinta, benci, takut, obsesi, harapan, maupun kerelaan.

Ketahuilah, kalimat “ Laa Ilaaha illa Allah “ adalah penolong agar kita tidak ditimpa siksa yang “lebih ringan” di kehidupan dunia dan siksa mahadahsyat di akherat. Bila anda menyukai sesuatu, lalu berani melakukan  maksiat kepada Allah demi sesuatu yang Anda sukai itu, berarti  anda telah menyembahnya.  Jika Anda memberikan cinta dan ketaatan kepada selain Allah SWT, itu adalah kebodohan. Karenanya, tidak salah bila para ulama mengatakan, “ Tujuan ilmu adalah tauhid, dan tujuan amal adalah takwa. “

Oleh: Dr. Nasrul Syarif, M.Si. 
CEO Educoach dan Penulis Buku Gizi Spiritual. Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo. Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :