Klaim Ekonomi Membaik Meski Pandemi Belum Usai - Tinta Media

Sabtu, 30 April 2022

Klaim Ekonomi Membaik Meski Pandemi Belum Usai


Tinta Media  - Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah saat ini guna menggenjot perekonomian di tengah pandemi. Bupati Bandung,  Dadang Supriatna mengklaim pertumbuhan ekonomi di wilayahnya saat ini mulai membaik, meski pandemi Covid 19 belum sepenuhnya usai. Salah satu indikator yang menunjukan hal itu, menurut Bupati  Bandung terlihat dari laporan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) yang meningkat daripada tahun sebelumnya.

Sebagai upaya pemulihan ekonomi, pemerintah memberikan dana bagi UMKM, BLT, dll yang disesuaikan dengan program pusat dan provinsi. Selain itu, juga dengan adanya laporan terbaru capaian vaksinasi di Kabupaten Bandung terus menunjukkan progres positif dalam beberapa hari terakhir.(inisumedang.com 11/4/2022 ).

Dengan klaim ekonomi yang digadang-gadang membaik tersebut, mengapa justru nampak pengemis musiman jelang lebaran ini kian banyak kita jumpai? Pengemis ini sebagian besar adalah para pendatang dari luar wilayah Kabupaten Bandung, mulai dari anak-anak yang sejatinya berstatus pelajar, hingga orang dewasa yang sebenarnya bisa lebih produktif lagi. Belum lagi angka pengangguran yang mencapai angka 140 ribu orang.

Pengangguran ini disebabkan oleh gelombang PHK di masa pandemi. Jelas, ini menunjukan realitas yang saling bertolak belakang. Maraknya pengemis musiman bisa dipengaruhi oleh bertambahnya pengangguran. Tingkat pengangguran sangat ditentukan oleh pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi baik, seharusnya jumlah penggangguran menurun.

Langkah yang diambil oleh pemerintah dengan klaim ekonomi membaik saat ini di tengah landainya pandemi, nyatanya belum mampu menyelesaikan persoalan hingga saat ini. Hal ini terjadi karena kebijakan yang dilahirkan tidak menyentuh akar persoalan. Bantuan yang diberikan hanya bersifat sementara.

Menelisik beberapa problematika yang terjadi saat ini, sejatinya hanya sistem Islamlah yang mampu menjadi solusi terbaik. Jelaslah, tujuan pemerintah Islam adalah merealisasikan terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, papan. Selain itu, juga terpenuhinya kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan keamanan bagi semua rakyat tanpa terkecuali, baik muslim maupun nonmuslim.

Dengan sistem Islam, negara wajib mengurus urusan rakyatnya. Sebagaimana  Rasullullah saw. yang menegaskan bahwa fungsi dari penguasa adalah sebagai pengurus (urusan rakyat) dan bertanggung jawab terhadap rakyat yang diurusnya (HR Muslim dan Ahmad).

Selain itu, negara harus menjadi pelindung rakyat dari berbagai ancaman.

"Khilafah itu laksana perisai, yakni tempat orang-orang berperang di belakangnya dan berlindung kepadanya ( HR Muslim ).

Dua nash ini jelas, akan menjadi rujukan utama agar tercipta keamanan serta kesejahteraan yang selama ini telah hilang dalam kehidupan masyarakat. Mari, kita satukan pemikiran dan perasaan hanya dengan paradigma Islam Kaffah yang bisa menciptakan atmosfer yang baik demi kehidupan yang lebih baik sehingga terciptanya kehidupan yang rahmatan lil 'alamin. 

Wallahu alam bi shawab


Oleh: Erlyn Lisnawati
Sahabat Tinta Media 
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :