Direktur Pamong Institute Ungkap Penyebab Mahasiswa Turun ke Jalan - Tinta Media

Minggu, 24 April 2022

Direktur Pamong Institute Ungkap Penyebab Mahasiswa Turun ke Jalan


Tinta Media - Ramainya aksi nasional mahasiswa sejak tanggal 8 April hingga puncaknya 21 April, Direktur Pamong Institute Wahyudi Al-Maroky menyebutkan sejumlah penyebab mahasiswa melakukan aksi turun ke jalan.

“Jika mahasiswa sampai melakukan aksi turun ke jalan, pasti ada persoalan yang belum terselesaikan. Hal ini juga sebagai pertanda bahwa pemerintahan tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Minimal ada tiga penyebab mahasiswa turun ke jalan,” tuturnya dalam Mukmin Talk: Mahasiswa Turun Aksi, Tanda Demokrasi Mati? Rabu (20/4/2022) di kanal Youtube Mukmin TV.

Pertama, pemerintahan otoriter hingga menimbulkan upaya perlawanan. “Mahasiswa turun ke jalan karena pemerintahannya otoriter dan dzalim. Sehingga memicu untuk melakukan perlawanan,” ungkapnya.

Kedua, ada masyarakat yang tidak sejahtera. Aktivis dari Papua ini menambahkan, jika pemerintah atau rezim itu dzalim namun masyarakat kenyang dan sejahtera, maka tidak mungkin mahasiswa melakukan aksi turun ke jalan.  

“Misalnya, mahasiswa kuliah bebas, gratis, dikasih uang saku serta dikasi kartu Indonesia pintar, Kalau itu dilakukan, mereka tidak kepikiran akan turun ke jalan walaupun pemerintahannya otoriter. Mereka akan berfikir, tidak apa-apa otoriter yang penting kita nyaman dan kenyang,” imbuhnya.

Ketiga, masih ada mahasiswa yang memiliki kesadaran hidup. Selain ketiga penyebab diatas, Ustadz Al-Maroky juga menyebutkan penyebab lain munculnya aksi yaitu saluran dari sistem politik demokrasi atau saluran suara rakyat tidak berjalan.

“Seandainya suara rakyat itu didengar, kuping rezim berfungsi dengan baik, maka tidak mungkin terjadi aksi turun ke jalan. Karena semua persoalan selesai. Nah, (saat) ini (persoalan) tidak selesai. Akhirnya, fungsi menyalurkan aspirasi rakyat tidak berjalan. Pemerintah tidak mendengarkan apa yang disampaikan (rakyat) sehingga mahasiswa harus turun,” pungkasnya. [] Ikhty
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :