Dalam Fikih Islam, Sistem Pemerintahan Islam disebut al-Khilafah - Tinta Media

Senin, 18 April 2022

Dalam Fikih Islam, Sistem Pemerintahan Islam disebut al-Khilafah


Tinta Media - Direktur Forum on Islamic World Studies (FIWS)  Farid Wadjdi, dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa dalam Fiqih Islam, Sistem Pemerintahan Islam disebut al-Khilafah.

“Dalam Fiqih Islam, sistem pemerintahan Islam disebut dengan  al- Khilafah.  Hal ini dijelaskan dalam buku Fiqih Islam yang ditulis oleh Kiai Haji Sulaiman Rasyid. Kitab fiqih ini dalam bab  al-khilafah menjelaskan apa yang dimaksud dengan al-Khilafah itu,” tuturnya dalam acara Tausiyah Sahur: Sistem yang Menyatukan Umat Muslim Dunia, Sabtu (16/4/2022) melalui kanal Youtube Khilafah Channel Reborn.

Jadi, al-Khilafah itu, lanjutnya, adalah suatu susunan pemerintahan yang diatur menurut ajaran Islam. Dan sistem pemerintahan inilah yang dijalankan oleh para Khulafaur Rasyidin. Ketika yang menjadi pemimpin  khalifahnya itu adalah Abu Bakar r.a. kemudian dilanjutkan oleh Umar Bin Khattab r.a. dan seterusnya.

“Sistem pemerintahan Islam itu adalah al-Khilafah sementara pemimpinnya disebut khalifah,” tegasnya.

Ustaz Farid lalu menjelaskan fungsi dari al-Khilafah. "Kalau kita lihat fungsi al-Khilafah ini bisa kita eksplorasi  dari definisi Al Khilafah yang dituliskan oleh Syekh Taqiyuddin an Nabhani Rahimahullah. Dalam Kitab Nidzomul Hukmi fil Islam, beliau menjelaskan apa yang disebut dengan al-Khilafah. Khilafah  adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslimin di dunia untuk menegakkan syariat Islam dan untuk menyebarluaskan dakwah ke seluruh penjuru dunia,” paparnya.

 Ia juga mengatakan bahwa  fungsi al-khilafah  itu ada tiga Pertama, menyatukan kaum muslimin di bawah satu kepemimpinan yang didasarkan pada prinsip ukhuwah islamiyah. Kedua, menerapkan seluruh Syariah Islam. Ketiga, berdakwah menyebarluaskan Islam ke seluruh penjuru dunia.

“Inilah tiga fungsi sistem pemerintahan dalam Islam yang membedakan dengan sistem pemerintahan sekuler liberal atau sistem pemerintahan yang diciptakan oleh manusia,” pungkasnya [] Irianti Aminatun
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :