Om Joy Bagikan Tips Menjadi Muslimah yang Dirindu Surga - Tinta Media

Kamis, 31 Maret 2022

Om Joy Bagikan Tips Menjadi Muslimah yang Dirindu Surga

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1d9ewQBNlUBKW8jKBjKuiDy1qpVNhY-Kr

Tinta Media - Jurnalis Joko Prasetyo (Om Joy) membagikan empat tips menjadi Muslimah yang dirindu surga. “Empat dari sekian banyak tips yang bila dijalankan dengan ikhlas dan istiqamah, maka membuat surga merindukan Anda, Muslimah,” tuturnya kepada Tinta Media (Selasa, 29/3/2022).

Menurut Om Joy, surga adalah tempat yang di dambakan setiap insan, baik laki-laki maupun wanita. “Namun mengapa wanita yang dirindukan surga? Karena kebanyakan wanita masuk neraka. Sabda Rasulullah SAW: ‘...ternyata mayoritas yang masuk kedalam neraka adalah kaum wanita (HR. Buhari dan Muslim).’ Namun jangan berkecil hati, ada empat tips agar surga merindukan Anda,“ ujarnya.


Pertama, wanita yang taat pada suami. “Imam Ahmad menyebutkan : ’Apabila seorang muslimah sholat lima waktu, puasa Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, maka dikatakan padanya, masuklah ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki (HR. Ahmad),” ungkap om Joy.

Kedua, tidak taat pada kemaksiatan sekalipun sang suami memiliki kuasa sekelas Fir’aun. “Meski harus taat suami, namun bila suami mengajak pada maksiat atau kekufuran, istri wajib menolaknya meski kekuasaan, kekuatan dan kekayaannya menyamai Fir’aun sekalipun,” kilahnya.

Om Joy mencontohkan Asyiah istri Fir’aun yang dengan keimanannya tidak mau menaati perintah suaminya untuk menyekutukan Allah, hingga Allah SWT memuji keimanannya dengan balasan surga, yang diabadikan dalam Qur’an surat At Tahrim 66:11 “Pepatah Jawa yang menyebutkan suargo nunut neroko katut (ke surga ikut, neraka kebawa) tidak berlaku bagi Asyiah istri Fir’aun,” lanjutnya.

Ketiga, wanita yang tetap berbuat baik terhadap anak-anaknya sekalipun dalam tekanan ekonomi yang sangat sulit.

Dikisahkan om Joy, Siti Aisyah ra pernah berkata kepada Rasulullah: “Ada seorang wanita yang datang menemuiku untuk meminta, membawa dua orang putri. Saat itu aku tidak punya apa pun selain sebutir kurma. Akhirnya aku tetap memberikannya kepada wanita tersebut. Lantas wanita tadi membelah sebutir kurma menjadi dua untuk diberikannya kepada kedua putrinya. Wanita tersebut tidak makan sama sekali, kemudian berdiri dan pergi.”

“Kemudian Rasulullah SAW pun bersabda: ’Barangsiapa diuji dengan anak-anak perempuan dengan sesuatu kemudian dia tetap berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut bisa menjadi penghalang baginya dari api neraka (HR. Buhari dan Muslim),” jelas Om Joy.

Keempat, wanita yang dirindukan surga menurut om Joy, adalah wanita yang amar makruf nahi munkar.  Om Joy sampaikan dalil dalam Al Qur'an, ”Di QS. At Taubah 9:71 Allah SWT  berfirman: ‘Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka adalah (menjadi) penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan)  yang makruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan mereka taat pada Allah dan RasulNya. Mereka itu akan diberi Rahmat oleh Allah, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,” pungkasnya.[] Sarie Rahman
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :