Harga Minyak Goreng Meroket, Pakar: Ada Lobi-lobi Kebijakan di Tingkat Elite Pemerintah - Tinta Media

Senin, 21 Maret 2022

Harga Minyak Goreng Meroket, Pakar: Ada Lobi-lobi Kebijakan di Tingkat Elite Pemerintah

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Cjv1OZoll-mPrK2IR2NMQKld7TMQUV71

Tinta Media - Menanggapi harga minyak goreng yang melambung tinggi, Pakar Kebijakan Publik ITB, Jehansyah Siregar mengatakan, ada lobi-lobi kebijakan di tingkat elit pemerintah.

"Semacam ada suatu, katakanlah lobi-lobi kebijakan di tingkat elit pemerintah," tuturnya dalam AKIP tvOne Minyak Goreng: Habis Langka, Terbitlah Mahal di kanal YouTube tvOneNews, Kamis (17/3/2022).

"Antara keinginan pemerintah untuk menstabilisasi harga minyak goreng ini. Bagaimanapun, minyak goreng ini sembako, kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, hal itu wajib bagi pemerintah yang bertugas untuk mengendalikan bukan hanya ketersediaan jumlah tetapi juga keterjangkauan masyarakat dan mutu. "Itu ada di dalam UU Pangan dan itu sejalan dengan UUD pasal 33," tegasnya.

Ia lantas mempertanyakan keseriusan pemerintah. "Nah, jadi kita melihat ini pemerintah serius enggak sih mengurus rakyat," tanyanya.

"Kok dilepas ke dalam mekanisme pasar?," ujarnya

Menurutnya, memang diketahui bahwa di pasaran dunia, harga CPO meningkat. "Tapi pemerintah harus punya segala instrumen untuk mengendalikan didalam negeri," tukasnya.

"Salah satunya, mengendalikan pasokan. Tidak semua harus berorientasi ekspor," pungkasnya.[] Ajirah
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :