AGAMA, POLITIK DAN NAPOLEON SYNDROM - Tinta Media

Rabu, 23 Maret 2022

AGAMA, POLITIK DAN NAPOLEON SYNDROM

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1HFlC_M7dPbmVpHG6-3jf8flNL8_nLKUS

Tinta Media - Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, Islah Bahrawi mengatakan dalam acara diskusi Catatan Demokrasi, Viral Penceramah Radikal di TVOne, 8 Maret 2022 malam ini, sbb:

"Politisasi agama itu menjadi penyakit bukan hanya hari ini tapi sdh berlangsung 1400 tahun di semua agama. Perang antara Katolik dan Protesan di Eropa, perang antara sesama Islam di Madinah, perang antara sesama khilafah-khilafah mulai dari Eropa, Baghdad, Damaskus, Kufah dsb, kita tidak boleh menutup mata terhadap itu bahwa ketika politik menunggangi agama maka semua kejahatannya akan terlihat terhormat, ini shahih, semua terjadi."

Saya tertarik atas pernyataannya itu karena kerancuan berpikirnya. Dia mengatakan, politisasi agama yang sudah berlangsung 1400 tahun di semua agama itu, adalah penyakit. Disitu kacaunya.

Yang dia katakan sebagai "penyakit," dengan semangat berbicara ingin menyalahkan, sebenarnya bukan penyakit. Yang benar adalah itu realitas dan fakta tak terpisahkan antara agama dengan politik dalam sejarah. Bagaimana mungkin ketakterpisahan agama dgn politik di semua agama itu disebut sebagai penyakit? Dia merasa sehat sendirian kali.

Yang penyakit sebenarnya bukanlah realitas fakta historis ketakterpisahan agama dan politik itu, tapi pikirannyalah yang berpenyakit ingin meniadakan fakta dunia dan fakta semua agama itu ke depan. Hebat amat, si Amat juga tak sehebat itu!

Fantasi seperti itu dalam psikologi disebut Napoleon Bonaparte Syndrom, yaitu orang bertubuh kecil/pendek dengan fantasi sangat besar ingin mengubah hal-hal sangat besar yang tak mungkin dilakukannya, seperti Napoleon ingin menguasai Eropa. Orang begini kalau tidak gila, biasanya cepat stroke.***

Oleh: Moeflich H. Hart
Sejarawan
Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :