Capek atau Jenuh? Boleh kok! Tapi.... - Tinta Media

Kamis, 13 Januari 2022

Capek atau Jenuh? Boleh kok! Tapi....

Tinta Media - Capek itu manusiawi. Biasa saja jika seseorang merasa capek. Baik capek fisik maupun psikis. Biasanya jika seseorang itu bekerja atau beraktifitas secara intens selama beberapa waktu maka dia akan merasa capek fisik. Disisi lain bisa juga dia merasa bosan, kurang semangat, jenuh dan lain-lain yang merupakan tanda dari capek psikis. 

Dalam melakukan aktifitas dakwah pun bisa begitu. Seorang aktifis dakwah karena aktifitas dakwahnya  yang intens kemudian setelah beberapa waktu dia merasa capek. Merasa jenuh atau kurang semangat. Maka hal ini pun manusiawi adanya. Wajar saja. Malah kalau bseseorang tak pernah merasa capek sama sekali akan nampak aneh. 

Hanya saja rasa capek dan bosan atau jenuh tetap tidak boleh jadi alasan untuk tidak melakukan aktifitas dakwah. Misalnya ngaji sepekan sekali yang kadang ada terselip rasa bosan. Maka rasa bosan yang muncul itu tidak boleh jadi alasan untuk tidak hadir ngaji. Mengapa? Karena ngaji itu wajib sehingga tetap harus hadir ngaji tepat waktu meski ada rasa bosan. Atau ada rasa capek. 

Hal ini sama dengan sholat lima waktu maka tak boleh rasa capek atau kurang khusyu menjadi alasan untuk tidak melakukan sholat. Demikian pula puasa ramadhan rasa capek juga nggak boleh menjadi alasan tidak puasa. 

Karena itulah syara telah menjelaskan ada udzur syar'iy yang dengan adanya udzur itu boleh kita tidak mengerjakan kewajiban sebagaimana mestinya dengan solusi masing masing. Sementara capek bukanlah udzur syar'iy. 

Oleh karena itu Sobat, boleh saja tempo-tempo kita merasa capek, atau bosan, atau jenuh atau kurang semangat. Namun wajib tetap ber dakwah. Wajib tetap hadir ngaji tiap pekan secara disiplin. Sehingga akhirnya rasa capek itu akan hilang. Rasa bosan dan jenuh itu akan menyingkir karena kalah dengan kesungguhan kita dalam ketaatan. Meskipun kita mesti merangkak atau ngesot sekalipun asal kita tetap terus maju maka insyaallah akan menjadi pemenang. Yuuuk! []

Oleh: Ustaz Abu Zaid
Pengasuh Kajian Keluarga Samara

 


Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :