Ustaz Ihsan: Lihatlah ke Bawah dalam Urusan Dunia! - Tinta Media

Selasa, 21 Desember 2021

Ustaz Ihsan: Lihatlah ke Bawah dalam Urusan Dunia!


Tinta Media - Pengasuh Kajian Hadis Ustaz Muhammad Ihsan Abdul Djalil mengingatkan kepada umat Islam agar senantiasa melihat ke bawah dalam urusan dunia.

“Lihatlah orang yang berada di bawah kamu, jangan melihat orang yang berada di atas kamu, maka dengan begitu kamu tidak akan meremehkan nikmat Allah yang diberikan kepadamu," tuturnya dalam program Karomah Fajar, Kajian Kitabul Jami: Bab Adab (Etika) Hadis ke-2 Melihat ke Bawah dalam Urusan Dunia,” Jumat (17/12/2021) di kanal YouTube Kaffah Channel.

Menurutnya, hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim tersebut, merupakan salah satu hadis yang sangat penting di dalam Islam. “Karena hadis ini adalah obat dari banyak penyakit seperti penyakit hasad, penyakit iri (dan) penyakit dengki. Obatnya ya hadis ini,” tegasnya.

Ustaz Ihsan mengatakan, hadis ini menjelaskan cara untuk membantu umat Islam agar bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya. “Mendorong kita menggunakan kenikmatan yang kita terima itu untuk sebesar-besarnya ketaatan kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah seperti yang disebutkan dalam hadis ini yaitu melihat ke bawah dalam hal yang berurusan dengan dunia. Dalam hal harta lihat ke bawah orang yang kondisinya lebih miskin daripada kita,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dengan mengaplikasikan hadis ini maka umat Islam akan selalu bersyukur atas kondisi yang menimpanya. “Dengan begitu kita akan terhindar dari mengeluh dan tidak bersyukur kepada nikmat Allah SWT yang telah diberikan. Sebab mensyukuri nikmat Allah apapun keadaan dan kondisinya akan mengantarkan kita ke surga,” pungkasnya.[] *Sofia Ariyani*



Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :