Umat Islam Wajib Berdakwah - Tinta Media

Selasa, 14 Desember 2021

Umat Islam Wajib Berdakwah


Tinta Media — As-Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani menuturkan, umat Islam wajib mengemban dakwah Islam ke seluruh umat manusia.

“Karena umat lslam diberi kewajiban mengemban dakwah lslam ke seluruh manusia, maka wajib bagi kaum muslim untuk senantiasa berinteraksi dengan dunia," ujarnya dalam kitabnya Daulah lslam edisi Mu’tamadah, Pustaka Fikrul Islam, 2002.

Menurutnya, tujuan mengemban dakwah lslam kepada seluruh umat manusia hanya satu yaitu untuk menyelamatkan mereka dari kehidupan yang menyengsarakan dan sistem yang rusak.

Ia menilai kewajiban ini dibebankan  kepada Daulah lslam untuk membebaskan berbagai negeri dan harus dilakukan secara besar-besaran.

“Berbagai pembebasan tersebut, tidak lain merupakan bentuk pelaksanaan dari kewajiban kaum muslim, yaitu menyampaikan lslam ke seluruh umat manusia dengan cara yang sangat menarik perhatian yaitu dengan menegakkan hukum-hukum lslam kepada mereka dan menyebarkan pemikiran-pemikiran lslam di tengah kehidupannya,” terangnya.

Karena itu, kata An-Nabhani, berbagai pembebasan lslam tidak dimaksudkan untuk mengeksploitasi dan menjajah bangsa-bangsa yang dibebaskan. “Bukan pula demi mengeruk kekayaan negeri mereka," tegasnya.

"Kenyataan ini tampak dalam fakta sejarah perkembangan Daulah lslam, perjalanan pembebasan-pembebasan dan dalam kewajiban jihad," pungkasnya.[] Wafi

Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :