Jurnalis: Kaum Muslim Sangat Toleran - Tinta Media

Rabu, 29 Desember 2021

Jurnalis: Kaum Muslim Sangat Toleran



Tinta Media - Jurnalis Joko Prasetyo mengatakan, kaum Muslim sejak Rasulullah SAW hingga akhir zaman sangat toleran.

“Rasulullah SAW dan para shahabat serta seluruh pengikutnya hingga akhir zaman memang sangat toleran,” tuturnya pada Tinta Media, Kamis (23/12/2021). 

Menurutnya, arti toleran yakni tidak menghalangi penganut Kristen beribadah dan tidak memaksa masuk Islam. “Selain itu mereka pun tak pernah sudi berpartisipasi, termasuk mengucapkan selamat dalam perayaan agama mereka,” ujarnya.

Namun demikian, kata jurnalis yang akrab disapa Om Joy, baik secara individu, berkelompok atau pun melalui institusi negara, kaum Muslim diwajibkan berdakwah  kepada penganut Kristen untuk menyampaikan firman Allah SWT, Quran surat an-Nisa ayat 171 yang artinya, _“Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) ruh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu)!  (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.”_

Menurut Om Joy, sejak awal jadi kepala negara, Nabi SAW langsung berdakwah kepada raja Kristen. “Nabi Muhammad SAW dalam kapasitasnya sebagai kepala negara, dari Negara Islam yang baru muncul saja sudah sangat berani mengirimkan surat untuk mendakwahi   raja Kristen dari imperium terbesar saat itu dengan penduduk mayoritas Kristen  yang di paragraf terakhirnya mengutip Firman Allah SWT pada Surat Ali Imran Ayat 64,” jelasnya.

Beginilah bunyi surat dimaksud, yang artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dari Muhammad utusan Allah untuk Heraclius, Pembesar Romawi.

Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk.

Selain daripada itu, sesungguhnya aku mengajak kamu untuk memeluk Islam. Masuklah kamu ke agama Islam maka kamu akan selamat dan peluklah agama Islam maka Allah memberikan pahala bagimu dua kali dan jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa orang-orang Romawi.

“Katakanlah: Hai Ahlul Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).”

“Begitulah kaum muslimin, sangat toleran dan tidak mencampuradukkan yang haq dan bathil. Serta  mendakwahkan kebenaran hakiki agar pelaku kebathilan memiliki peluang buat merujuk yang haq,” pungkasnya.[] Irianti Aminatun



Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :