Ambil Hikmah dan Pelajaran dari Kegagalan - Tinta Media

Senin, 20 Desember 2021

Ambil Hikmah dan Pelajaran dari Kegagalan


Tinta Media - Sobat. Ingatlah bahwa masalah sesungguhnya bukan masalah tetapi sikap kita memandang masalah itulah masalah sebenarnya. Jika kita tidak mempermasalahkan masalah, masalah bukan masalah. Sejarah telah menunjukkan dan membuktikan bahwa mereka-mereka yang sukses dan menjadi pemenang dalam kehidupan biasanya menemui hambatan yang menyakitkan sebelum mereka berhasil. Mereka berhasil sebab mereka tidak berkecil hati karena kegagalan.

Sobat. Kegagalan adalah bukti bahwa ada kekeliruan yang perlu kita pelajari darinya. Kegagalan tidak berarti kita tidak mengerjakan sesuatu, itu artinya kita telah belajar sesuatu. Jangan takut kegagalan. Jangan takut bertindak, kehidupan adalah percobaan dan ladang perjuangan untuk meraih impian dan cita-cita besar Anda. Semakin banyak belajar dari kegagalan semakin bernilai diri kita. Miliki hasrat paling kuat untuk mencapai tujuan, karena dengan demikian kita mampu mengibaskan rasa sakit selama proses pencapaian.

Sobat. Apa saja yang menjadi penyebab kegagalan itu?

1. Kurang pengetahuan akan bidang yang digeluti. Maka kalau kita ingin menjadi sukses dan bahagia jangan pernah berhenti dan bosan untuk terus belajar serta meningkatkan kompetensi diri kita.

2. Tujuan yang tidak jelas. Apalagi tidak memiliki tujuan hidup yang jelas maka kita sudah mencatatkan diri sebagai orang yang gagal dalam hidup ini. Maka kalau kita ingin menjadi pemenang dalam kehidupan ini milikilah tujuan hidup yang jelas dan pahami hakekat hidup dengan menjawab tiga pertanyaan besar darimana kita berasal? Untuk apa kita hidup? Dan Di Mana kita akan kembali setelah hidup di dunia ini?

3. Tidak punya rencana. Gagal merencanakan berarti merencanakan diri untuk gagal. Rencanakan dan buat goal hidup anda secara jelas dan nyata. Dengan kriteria JOSSS : Jelas Pencapaiannya ; sebut tanggal, bulan dan tahun berapa Anda ingin mencapainya. Orientasi kemanfaatan dalam menetapkan goal atau impian Anda. Selalu visualisasikan goal Anda. Selalu woro-worokan impian Anda agar Anda malu kalau Anda tidak sungguh-sungguh memperjuangkannya. Dapatkan Support orang-orang terdekat dan tercinta dalam kehidupan kita.

4. Sikap yang mudah menyerah. Mudah loyo dan tidak gigih. Kegigihan adalah salah satu rahasia kunci kesuksesan. Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang bisa menggantikan kegigihan. Bakat pun tidak . Orang-orang genius pun tidak. Hanya kegigihan dan keteguhan hati yang membuat seseorang berhasil.

5. Tidak berani memulai sesuatu yang baru. Kalau kita tidak berani mencoba maka pasti kita tidak pernah berhasil. Jalan menuju keberhasilan tidak ditapaki hanya dalam tujuh langkah sekaligus. Namun langkah demi langkah, sedikit demi sedikit dan jengkal demi jengkal. Itulah jalan menuju kekayaan, jalan menuju kebijaksanaan dan jalan menuju kejayaan.

6. Sikap negatif dalam memandang sesuatu. Kita meyakini bahwa kegagalan seseorang bukan karena nasib tetapi lebih disebabkan pengkondisian pikiran. Pikiran membentuk tindakan, dan tindakan berbuah hasil, sehingga hasil menjadi kenyataan. Kita sebetulnya bukanlah orang gagal, tetapi pengkondisian pikiran telah menyebabkan kita dihukum dan dikungkung oleh energy negative sehingga kita menjadi gagal.

7. Konservatif dan miskin informasi membuat kita tidak sukses. Teruslah belajar dan berusaha mendapatkan informasi yang bergizi dan bermanfaat guna meraih impian besar kita

8. Tidak memiliki etos kerja yang baik. Membuat kita gagal menyelesaikan pekerjaan kalo toh bisa melakukan hasilnya pun tidak memuaskan. Karakter yang kuat dan teruji tidak bisa dibentuk apabila hidup dengan santai. Hanya melalui pengalaman dan penderitaanlah serta etos kerja yang tinggi, jiwa dapat diperkuat, pandangan diperjelas, dan ambisi untuk memperoleh ilham sukses bisa tercapai.

9. Tidak disiplin diri dan tidak focus membuat impian dan goal Anda tidak tercapai. Jembatan yang menghubungkan antara harapan dan kenyataan dalam kehidupan kita adalah disiplin diri, focus dan hasrat yang menyala-nyala.

10. Takut akan resiko. Takut gagal membuat kita tidak berani memulai dan mencoba dan itulah yang menyebabkan kita tidak nyampek kemana-mana dalam kehidupan ini. Sadarilah bahwa Iman kepada Allah Sang Pencipta Alam semesta raya adalah obat utama dan mujarab dalam mengatasi segala bentuk ketakutan. Tetaplah berpikir positif dan Percayalah pada kekuatan Ilahi dan yakinilah bahwa kita dibimbingnya dalam setiap langkah. Iman yang kuat mampu menyelamatkan seseorang dari kegalauan dan ketakutan.

11. Terlalu pintar tetapi tidak berani bertindak. Ilmu itu baru menjadi kekuatan dan menghasilkan kalo diterapkan atau dijalankan.
Ingatlah sobat! Orang-orang sukses selalu mengambil hikmah dan pelajaran dari kegagalan dan kesalahan masa lalu dan mencoba melakukan lagi dengan cara yang berbeda. Barangsiapa memiliki cita-cita yang besar dan menggelora, jiwa yang bersih, hasrat yang membara, dan sabar dalam setiap perkara, maka dia akan menjadi manusia hebat yang akan menjadi pencerah dan bercahaya bagi orang lain.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa!

Oleh: Dr. Nasrul Syarif, M.Si.
Penulis Buku Gizi Spiritual, CEO Educoach, Dosen pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo dan Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur











Rekomendasi Untuk Anda × +

Bagikan artikel ini

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya :